WONOGIRI – Belasan ribu kepala keluarga (KK) di Wonogiri hingga saat ini belum menikmati aliran listrik secara mandiri. Bahkan, ada pula yang sama sekali belum tersentuh penerangan listrik.

Data dari Balai Pengkajian, Pengawasan, Pengendalian Energi Sumber Daya Mineral (BP3ESDM) Wilayah Sewu Lawu Provinsi Jawa Tengah, ada 15.763  KK di Wonogiri belum menikmati ketersambungan listrik. Jumlah tersebut tersebar di 25 kecamatan di Wonogiri. Paling dominan di Kecamatan Purwantoro mencapai 2.036 KK. Disusul Kecamatan Pracimantoro 1.521 KK dan Kecamatan Kismantoro 1.457 KK, kemudian Kecamatan Tirtomoyo 1.210 KK. Sedangkan untuk wilayah kecamatan lain berkisar antara 114 sampai 820 KK yang belum berlistrik.

Kepala BP3ESDM wilayah Sewu Lawu Provinsi Jawa Tengah Suhardi mengatakan bahwa dari 15.763 KK di Wonogiri belum menikmati ketersambungan listrik itu karena berbagai alasan. Selain masalah ekonomi, wilayah yang belum teraliri listrik karena belum adanya jaringan listrik.

“Yang pertama mereka tidak mampu. Lalu yang kedua memang jaringan listriknya PLN belum sampai di daerah tersebut,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Suhardi, memang sebagian besar sudah menikmati listrik dengan cara menyambung dari rumah kerabat atau rumah tetangga. Namun, tidak sedikit pula yang benar-benar belum dialiri listrik. “Kami berupaya warga yang belum menikmati listrik ini bisa menikmati listrik,” ujarnya.

Menurut Suhardi, untuk KK kurang mampu atau miskin nanti akan dibantu sambungan gratis melalui kegiatan pengembangan listrik hemat dan murah melalui APBD Jateng. Selain itu, pihaknya juga mempunyai terobosan baru yang diupayakan melalui corporate social responsibility (CSR) BUMN/BUMD/perusahaan di wilayah Wonogiri.

“Untuk daerah yang belum ada jaringan listriknya kita koordinasikan dengan PLN agar membangun jaringan pada wilayah yang belum berlistrik,” katanya.

Suhardi menyebut bahwa untuk 2018, pihaknya ada program sambungan listrik gratis melalui dana APBD Jateng bagi 250 KK miskin.

Camat Pracimantoro Warsito mengakui bahwa wilayahnya masih banyak warga yang belum menikmati sambungan listrik. Warga masih banyak yang meyambung listrik dari sanak famili atau dari tetangga terdekat.

“Tahun 2017 ini ada 21 warga kami yang mendapat sambungan listrik gratis. Harapannya, 2018 mendatang ada lagi program bantuan listrik gratis bagi warga miskin,” ujarnya.

(rs/kwl/bay/JPR)