Sebanyak 270 atlet jujitsu Sidoarjo, Minggu (7/1) pagi berkumpul di SMKN 1 Sidoarjo. Mereka mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) dan latihan di alam bebas atau yang biasa disebut Gazuku. Latihan dan UKT tersebut berlangsung hingga siang hari.
Ketua Umum Institut Jujitsu Indonesia (IJI) Sidoarjo Abu Dardak mengatakan, sebanyak 170 atlet yang mengikuti UKT. Sedangkan 100 atlet melakukan Gazuku. “Atlet yang mengikuti UKT lulus semua,” ujarnya.
Abu Dardak mengakui para atlet diseleksi secara ketat. Mulai dari fisik, kemampuan dasar, gerakan dasar, dan teknik jujitsu. Jika atlet berhasil melewati itu semua, baru dinyatakan naik tingkat atau sabuk.
Sedangkan untuk Gazuku, Abu Dardak menyebutkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan. Biasanya dua kali dalam setahun. Tetapi tidak selalu berbarengan dengan UKT. Gazuku ini perlu dilakukan oleh seluruh jujitsuka.
Tujuannya untuk mengenal alam, dengan harapan para atlet bisa bersifat seperti alam.  Yakni terbuka, sabar, dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang berat.
Selain itu, Gazuku juga digelar untuk mempererat tali silaturahmi antardojo. Gazuku kemarin diikuti 18 dojo se-Kabupaten Sidoarjo. Antar atlet jujitsu saling berkenalan, saling berbagi pengalaman, cerita, suka dan duka, prestasi, dan lainnya. “Sesama jujitsuka harus bersatu dan saling kenal,” kata Abu Dardak. (nis/rek)