Sekretaris Kopertis VI Jawa Tengah, Amsar menjelaskan, jika saat ini pemerintah terus mendorong generasi muda untuk mahir dalam menggunakan bahasa Inggris yang telah menjadi bahasa internasional. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggelar kompetisi debat berbahasa Inggris NUDC.

“Dari kompetisi di tingkat wilayah ini nantinya akan diambil 9 tim terbaik yang akan dikirim ke tingkat nasional,’’ katanya.

Para peserta harus memiliki skill bahasa Inggris yang baik dan berupaya keras membawakan debat secara maksimal untuk dapat lolos ke tahapan berikutnya. “Goalnya adalah agar mereka punya daya saing dalam dunia kerja, selain itu sebagai ajang untuk mendorong mahasiswa agar bisa mengusai bahasa Inggris,” tuturnya.

Dewan juri debat, Nur Rifai Akhsan menerangkan, kriteria penilaian tim yang ikut acara tersebut terdiri beberapa aspek, diantaranya materi debat, cara penyampaian, penguasaan kalimat hingga gaya gerak tubuh. “Nantinya diambil 9 tim dari Kopertis Wilayah VI, mereka akan mewakili tingkat nasional pada Agustus mendatang,” tambahnya. 

(sm/den/zal/ap/JPR)