SITUBONDO – Sebanyak 320 kontingen pramuka asal Situbondo akan megikuti festival Wirakarya kampung kelir di Kabupaten Bondowoso. Festival ini dilaksanakan selama empat hari. Yaitu mulai Jum’at (06/07) kemarin, hingga Senin (09/07), pekan depan.

Para kontingen dilepas Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, kemarin. Saat pelepasan kemarin, Yoyok berpesan kepada para peserta untuk selalu menjaga nama baik Kabupaten Situbondo. Dengan cara, menjaga etika selama kegiatan berlangsung. “Jaga nama baik diri sendiri,  keluarga, dan sekolah,” ujarnya.

Pria yang sekaligus Ketua Kwartir Cabang Pramuka Situbondo itu menambahkan, yang tidak kalah penting, peserta diharapkan ikut mempromosikan Situbondo kepada peserta yang lain. “Ceritakan keunggulan dan potensi yang dimiliki kabupaten kita yang tercinta ini,” harap Wabup Yoyok.

Yoyok menyambung, Situbondo saat ini fokus promosi pariwisata. Pada tahun 2019, pemerintah menargetkan menjadi kunjungan  wisata. “Jadi saya harap, anda semua bercerita tentang Situbondo, cerita tentang destinasi wisata dan budayanya,” pesan orang nomor dua di lingkungan Pemkab Situbondo itu.

Jika itu bisa dilakukan, pramuka telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan pariwisata di Kota Santri. Dengan begitu, pramuka secara langsung, memiliki peran penting dalam mendukung kesuksesan tahun kunjungan wisata 2019.

Yoyok menambahkan, kesuksesan kunjungan wisata tahun 2019 membutuhkan dukungan dari semua elemen masyarakat. Pemerintah daerah memiliki kemampuan yang terbatas. Karena itu, dukungan tersebut sangat diharapkan. “Pramuka Situbondo harus berpartisipasi untuk mensukseskan tahun kunjungan wisata,” imbuhnya

Di akhir sambutannya, Wabup Yoyok mengimbau kepada para kontingen untuk tetap menjaga kekompakan. Sebab, dalam satu kelompok, pasti terjadi perbedaan pendapat. “Saling mengingatkan satu sama lain. Jangan sampai ada perselisihan,” pesannya.

Pelepasan kontingen ditandai dengan penyerahan kaos kepada peserta oleh Wabup Yoyok selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Situbondo. Yoyok berjanji akan menyempatkan waktu berkunjung ke lokasi festival wirayakarya Kampung Kelir.

Source link