Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Bangkalan Wafir mengutarakan, CJH yang dipastikan berangkat sebanyak 646 orang. Namun, 24 CJH mutasi ke kota lain, seperti Surabaya dan Sidoarjo.

”Jadi, yang riil berangkat dari Bangkalan hanya 622 orang,” ungkapnya Minggu (8/7).

Menurut Wafir, 622 CJH dibagi menjadi tiga kloter dengan embarkasi Surabaya. Yakni, kloter 14, 15, dan 19. Adapun kloter 15, itu full orang Bangkalan, yakni sebanyak 445 CJH. Sementara kloter 14 gabungan dengan CJH Kota Batu, yaitu sebanyak 164 CJH.

”Sisanya, di kloter 19 gabung dengan Surabaya, Pasuruan, dan Malang,” jelasnya.

Menurut dia, jumlah CJH yang berangkat tahun ini labih banyak. Pada 2017 lalu hanya 605 CJH. Wafir menyampaikan, tanggal 16 Juli mendatang merupakan manasik haji masal. Sebab, manasik haji tingkat kabupaten sudah kelar.

Dia memaparkan, sebenarnya yang berhak melunasi tahun ini 650 orang. Namun karena terdapat sejumlah kendala, yang dipastikan berangkat hanya 646 orang. Satu orang sakit karena harus cuci darah dua kali dalam sepekan. Sisanya ingin berangkat dengan muhrimnya.

Wafir menjelaskan, sistem pemberangkatan CJH tahun ini berbeda dengan 2017. Dulu, harus melunasi lalu baru cek kesehatan. Sementara sekarang, cek kesehatan setelah itu melunasi. ”Kalau tidak lolos saat cek kesehatan, ya tidak diwajibkan melunasi. Terpaksa harus ditunda pemberangkatannya,” ucapnya.

CJH yang dipastikan berangkat sudah menjalani cek kesehatan. Kini tinggal menunggu visa. Kabar dari kanwil sudah tuntas. Hanya tinggal dua orang. Tidak sampai H-2 pemberangkatan visa sudah beres semua.

Dia mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya visa memang bikin waswas. Tapi, saat ini lebih mudah. Sebab, dicetak di Kementerian Agama. Namun, entri datanya tetap di kedutaan.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Bangkalan Abdurrahman Thohir meminta Kemenag melayani dengan optimal. Termasuk, perihal informasi terkait apa pun tentang tahapan pemberangkatan ke Tanah Suci, Makkah.

”Mereka kan tamu Allah. Jadi harus mendapatkan pelayanan yang optimal. Kemudian, informasi sekecil apa pun harus disampaikan,” tandasnya. 

(mr/daf/han/bas/JPR)