Yakni, Desa Kunjorowesi, Manduromanggunggajah dan Kutogirang terbilang daerah yang sulit untuk mendapatkan suplai air bersih. Hal ini, mendapat respons dari banyak pihak.

Salah satunya, Yakni perusahaan minuman (Beverage Company) yang ada di daerah Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, PT Multi Bintang Indonesia (MBI) Tbk dan Kodim 0815 Mojokerto. Untuk membantu warga yang kekurangan air bersih, PT MBI dan Kodim 0815 Mojokerto bekerja sama dan dikemas dalam bentuk bakti sosial, Jumat (6/7).

’’Baksos kali ini merupakan kerja bareng dengan Kodim 0815 Mojokerto, Koramil Ngoro dan Ketua Aliansi Air Mojokerto,’’ kata Adi Suprayitno, Stakeholder Relations Manager PT MBI.

Ini merupakan pengalaman pertama kali selama bekerja di PT MBI. ’’Ini pertama bagi saya. Padahal didaerah sekitar Kunjorowesi tanaman bisa tumbuh subur dan banyak pepohonan, namun kenapa defisit air,’’ tandas Adi dengan melihat arah pepohonan.

PT MBI, lanjut Adi, akan terus membantu dalam pendistribusian air bersih ke daerah yang kekurangan. ’’Kali ini, kami mengalokasikan sekitar 75.000 liter air bersih didesa Kunjorowesi yang terbagi dibeberapa dusun. Yakni, dusun Telogo, Kandangan dan Kunjoro,’’ ungkapnya.

Sebagai salah anggota Aliansi Air, kegiatan semacam ini juga sejalan dengan salah satu komitmen dari CSR PT MBI. Yakni, Konservasi Air. ’’Apa pun yang berkaitan dengan pelestarian, pemberdayaan air hingga daerah yang terkena dampak bencana merupakan tugas kami (PT MBI) untuk mengawal dan memberikan bantuan,’’ tegasnya.

Dandim 0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima SH mengungkapkan rasa syukurnya dapat bertemu kembali dengan warga yang kedua kalinya. ’’Minggu lalu, bersama BPBD Kabupaten Mojokerto dan sekarang kami bersama dengan PT MBI juga menyalurkan air bersih,’’ ucapnya.

Pendistribusian kali ini akan dilakukan secara berkala selama 5 hari. ’’Sehari pendistribusian sekitar 15.000 liter terbagi 2 mobil tangki dengan kapasitas 7.500 liter,’’ ujarnya. Ini merupakan bentuk empati kita dan kami siap untuk membantu meringankan beban rakyat, khususnya Dusun Telogo, Kandangan dan Kunjoro Desa Kunjorowesi.

’’Personel kami akan selalu siap membantu. Kita berharap bantuan air bersih ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan merata. Ini sifatnya sementara, semoga kedepannya kita bisa menemukan solusi yang terbaik sehingga krisis air bersih ini tidak terjadi lagi,’’ terang Hermawan.

Sementara itu Kades Kunjorowesi, Susi Darsono sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya PT MBI dan Kodim 0815 beserta semua pihak yang terkait. Memang di Dusun Telogo ada 75 KK yang kekurangan, tapi  sebagian wilayah yang kekurangan ada sekitar 350an KK yang tersebar di Dusun kandangan dan Kunjoro.

’’Dengan adanya bantuan dari PT MBI dan Kodim 0815 semoga bisa meringankan beban warga untuk mendapatkan air bersih. Semoga kedepannya ada solusi yang terbaik untuk kedepannya,’’ pungkasnya. 

(mj/ram/ris/JPR)

Source link