Pecel Pudakit, Pincuk Daun Pisang Tambah Selera
(RAMONA TIARA VALENTIN – JawaPos.com/RadarKediri)

Menu yang satu ini memang sudah tak asing lagi. Terutama bagi warga sekitar Kediri. Ya sajian nasi pecel. Makanan berasa pedas ini rupanya memang banyak penikmatnya. Di setiap tempat pun punya cita rasa berbeda.

Di Kota Kediri terdapat beberapa tempat yang biasa jadi jujukan. Masing-masing memiliki ciri khas yang disuka pelanggannya. Terutama siraman sambalnya. Ada yang suka rasa superpedas, pedas gurih dipadu asin, ada pula yang pedas-pedas manis kendati isian umumnya hampir sama. Biasanya di atas nasi ditumpuk kulupan atau sayur rebus, sambal kacang, peyek atau kerupuk hingga lauk sebagai tambahannya.

Enaknya, menu nasi pecel ini bisa dinikmati kapan saja. Tak hanya nikmat disantap saat sarapan pagi. Untuk sajian makan malam pun mengundang selera. Tak heran, di Kota Tahu penyaji hidangan ini selalu tersedia pagi hingga malam. Di antara tempat yang biasa jadi jujukan, beberapa punya nuansa yang layak dicicipi. Yuk simak di mana saja…

Pecel Pudakit

Pincuk Daun Pisang Tambah Selera 

Nasi pecel satu ini terletak di emperan toko Pudakit yang berada di Jalan Dhoho, Kota Kediri. Sudah ada sejak tahun 2002, penghidangnya mulai buka sejak pukul 21.00 hinga dini hari. Khas dari nasi pecel ini adalah pilihan lauknya yang lengkap. Struktur peyeknya tipis renyah nan gurih. Seporsinya dibanderol Rp 7 ribu.

Eitss .. kalau mau nambah lauknya bayar lagi ya.. Untuk sajian satu porsi pecel ini terdiri atas nasi dengan pilihan sayur kecambah dan daun kenikir. Kemudian, dilumur sambal kacang yang di tasnya ditutupi dengan peyek teri atau peyek kacang. Untuk wadah, penikmatnya bisa pilih pesanan dengan piring atau dipincuk dengan daun pisang. Terserah selera aja.

Pecel Bu Tin, Kental Paduan Rempah Alami
(RAMONA TIARA VALENTIN – JawaPos.com/RadarKediri)

Pecel Bu Tin

Kental Paduan Rempah Alami 

Yang berjualan adalah mbah-mbah cantik. Ya penyaji nasi pecel ini akrab disapa Bu Tin. Tempatnya di Jalan Pattimura. Bu Tin buka sejak pukul 05.00 pagi hingga pukul 13.00 siang.

Ciri khas dari nasi pecel satu ini adalah rasanya. Perpaduan rempah alaminya membuat cita rasa tradisional masih kental. Seporsi dihargai Rp 8 ribu dan bisa nambah lagi sesuai lauk yang dipilih.

Setiap hidangan untuk per wadah terdiri atas nasi yang masih panas dengan porsi cukupan. Pilihan sayurnya kecambah, daun kenikir, daun singkong hingga daun papaya. Peyeknya juga nggak kalah menarik, ya peyek kacang nan gurih. Bu Tin biasa menyajikan satu porsi menunya dalam bentuk pincuk daun pisang.

Pecel Kelenteng, Ada Peyek Campuran Kacang dan Kerupuk Puli - Pecel Bu Darmo, Bunga Turinya Bikin Kangen

Pecel Kelenteng, Ada Peyek Campuran Kacang dan Kerupuk Puli – Pecel Bu Darmo, Bunga Turinya Bikin Kangen
(RAMONA TIARA VALENTIN – JawaPos.com/RadarKediri)

Pecel Kelenteng

Ada Peyek Kacang dan Kerupuk Puli

Kalau nasi pecel yang satu ini memang terletak tak jauh dari Kelenteng Tjoe Hwie Kiong. Penjualnya mulai menyajikan hidangan ini untuk pelanggan sejak 2001 lalu. Tempat makan mulai buka setiap pukul 20.00 malam hingga dini hari. Ciri khas cita rasanya terletak pada sambal pecelnya yang kental dan sangat kuat rasa kacangnya yang gurih.

Tidak hanya itu, dalam satu porsinya terdapat tambahan kerupuk puli yang disandingkan dengan peyek. Hmmm…pasti kriukkk dan renyah. Benar-benar ..yummy.

Untuk satu porsinya dibanderol Rp 6 ribu. Tapi, ingat yaaaa itu belum termasuk tambahan lauk dan minumnya. Porsi nasi untuk pecel ini juga cukupan. Biasanya, dengan pilihan sayur kecambah dan daun singkong. Kemudian, disiram sambel kacang. Di atasnya ditambah peyek kacang dan kerupuk puli bulat.

Pecel Bu Darmo

Bunga Turinya Bikin Kangen 

Bila melewati daerah Banjaran Gang 1 Kota Kediri kita akan menjumpai nasi pecel Bu Darmo. Ya, nasi pecel ini buka sejak pukul 05.00 pagi hingga pukul 11.00 siang. Nasi pecel ini terkenal dengan rasa sambal kacangnya yang pedas.

Selain itu, di sini para pelanggan dapat menikmati sayur bunga turi yang direbus. Bunga turi ini memberi cita rasa yang khas ketika dilumat dengan lumuran sambal olahan Bu Darmo.

Tidak hanya banyak pilihan lauk yang terdapat di sana. Namun, aneka jajan kue basah juga tersedia lho. Untuk satu porsinya nasi pecel ini dibanderol Rp 7 ribu. Itu belum termasuk tambahan lauk ya…kalau untuk pecel yang satu ini disajikan dengan porsi nasi cukupan, pilihan sayur kecambah, daun kenikir, daun singkong hingga kembang turi. Sedangkan untuk peyeknya, disajikan peyek kacang.

(rk/jpr/die/JPR)

Source link