Area Service dan Koordinator Grup Astra Jateng dan DIY, David Christian mengatakan, khusus Jawa disediakan sepuluh pos siaga. Diantaranya di rest area Tol Merak, Cikampek, Cisarua, Nagreg, Tol Cipali, Cirebon, Buntu, Alas Roban dan Jombang.

“Informasi terkait lokasi pos dan bengkel siaga tersebut juga dapat ditemukan melalui aplikasi Anavigo yang juga menyediakan peta mudik untuk lebih memudahkan masyarakat,” ujarnya disela pelepasan armada posko siaga mudik, Rabu (6/6).

Di pos-pos siaga tersebut, lanjutnya, para pemudik dapat singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan dan servis ringan. “Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, sebagian besar pemudik yang singgah melakukan pengecekan rem dan perawatan ringan,”katanya.

Regional Head Jateng – DIY PT Astra International Tbk – Daihatsu, David Gunawan menambahkan, selain posko siaga, pihaknya juga menyediakan bengkel siaga. Hal ini guna mengantisipasi manakala dibutuhkan tidak hanya sekedar perawatan, tapi juga perbaikan.

“Posko siaga sebagian besar untuk perawatan ringan, tapi kalau kerusakan besar akan dibantu oleh bengkel siaga,”ujarnya.

Baik pos maupun bengkel siapa ini mulai beroperasi mulai tanggal 9 hingga 16 Juni mendatang. “Sejak tanggal tersebut, pos siaga beroperasi selama 24 jam. Sembari menunggu kendaraan diperiksan, para pemudik juga dapat beristirahat sambil menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia,”ujarnya.

(sm/dna/zal/JPR)