Capek tapi tetap semangat. Dua hal yang kini akrab mewarnai hiruk-pikuknya keseharian Ayu Laksmi. “Aduuuuuh ampura gati niki, tiyang kapupungan, tiba-tiba kok banyak sekali hal yang harus dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Maaf nggih Bli,” papar Ayu Laksmi ketika bertemu Bali Express di kawasan Sanur, pekan kemarin.

“Tanggal 8 Februari lalu, Happy Salma memberitahu bahwa temannya Joko Anwar mau buat film Pengabdi Setan, maunya yang  lebih matang. Dan, Happy menyodorkan nama saya ” aku Ayu Laksmi membeber muasal akhirnya lolos ikut dalam film Pengabdi Setan kepada Bali Express (Jawa Pos Group) di Denpasar, pekan kemarin.

Mendengar judulnya, lanjut Ayu Laksmi, langsung kaget. “Sungguh makesyab saya. Cuman saya bertanya-tanya juga dalam hati Happy Salma adalah aktris berkualitas, sampai ikut begitu tulus memberi informasi tentang saya, kenken seh filmnnya. Padahal saya tinggal di Bali dan tak begitu intens aktif main film,”aku peraih Saraswati Award – Rishikesh Uttarakhand India 2017 ini.

Tak ditampiknya selama ini  banyak orang ketika bertemu,mengatakan wajahnya mirip artis.
“Mba Ayu wajahnya kok kayak Happy Salma ya. Kadang ada yang bilang mirip Ria Irawan, juga kadang ada yang bilang Mba Ayu kok kayak Dewi Persik ya. Kalau perhatikan kumisnya kayak Ike Nurjanah. Pokoknya gitu deh wajah saya suka dibanding-bandingkan degan artis terkenal,” ujarnya sembari tertawa  lepas.

Dilanjutkannya, lalu 7 Maret ketika sedang berada di India Sungai Gangga,  menerima pesan singkat dari   Joko Anwar yang menegaskan bahwa dia  temannya Happy Salma. Koko Anwar yang mengatakan mendapat nomor teleponnya dari Happy Salma meminta izin untuk bisa menelepon langsung.

“Tapi karena saat itu saya sedang ada program Yoga & Meditasi, saya meminta waktu  agar neleponenya nanti, jika kegiatan sudah usai,” bebernya.

Singkat cerita beberapa jam kemudian, Ayu Laksmi siap terima telepon dari Joko Anwar. “Percakapan awal dilakukan, bahwa  dia sedang mencari perempuan untuk tokoh Ibu dalam Film Pengabdi Setan. Saya diminta segera datang ke Jakarta untuk casting,” katanya.

Dalam sambungan jarak jauh itu Ayu Laksmi kembali menegaskan bahwa dirinya  bukan bintang film yang mupuni. “ Saya bukan bintang film profesional, apakah nanti saya mampu,” tanyanya.

Jawaban Joko Anwar singkat dan simpel, bahwa dia mengatakan sudah melihat sosok Ayu Laksmi dalam Film Under The Tree. Saat itu berhubung Ayu Laksmi lagi fokus debgan beberapa show di India, dan masih harus berada di India beberapa hari lagi, jadi  belum bisa berjanji kapan bisa datang ke Jakarta.
10 Maret show India usai, Ayu Laksmi pulang kembali ke Bali. “Sejujurnya saya jika ditawari main film seringkali merasa terlalu banyak keterbatasan juga, tak terlalu berharap atau ada beban begini begitu, karena seringkali saya merasa belum terlalu berproses dan berjuang di dunia seni peran. Kadang Rasa gak enak juga sama para aktris yang sudah berjuang lama di dunia film,” urainya. Bagaimana pertimbangan Ayu Laksmi selanjutnya? Tunggu seri berikut. (bersambung)

(bx/rin/ima/yes/JPR)

Source link