Di hadapan ribuan massa, Tjok Bagus beranji, jika terpilih akan melakukan pemerataan pembangunan antara Klungkung daratan dengan kepulauan Nusa Penida. Seperti diketahui, Klungkung daratan dibagi menjadi tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Klungkung, Dawan dan Banjarangkan. Sedangkan di Nusa Penida ada satu kecamatan, yakni Kecamatan Nusa Penida.

Menurutnya, untuk menggenjot pembangunan di Klungkung diperlukan sinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat. Dengan begitu, masyarakat Klungkung diajak bersama-sama memenangkan Paket Bagia pada Pilkada Klungkung dan Paket Koster-Ace pada Pilgub Bali atau dikenal “satu jalur”.

Jika dipercaya, pembangunan pariwisata di Klungkung akan terus digenjot.  Di antaranya membangun museum hidup di Desa Kamasan. Seperti diketahui, Desa Kamasan terkenal dengan lukisan klasik Wayang Kamasan. Ada juga city tour akan digenjot. Termasuk keberadaan puri sebagai pendukung pariwisata bakal direvitaliasasi.

 “Puri sebagai komponen yang nantinya membantu pengembangan pariwisata,” ungkap Tjok Bagus.

Sementara itu Koster mengatakan, salah satu programnya di Klungkung jika terpilih nanti, yakni mengembangkan Nusa Penida sebagai kawasan khusus. Itu akan menjadi fokus pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Di antaranya menyelesaikan infrastruktur jalan lingkar, air bersih, serta kebutuhan listrik. Ia juga berjanji akan mendirikan perguruan tinggi (PT) berbentuk akademi komunitas di Nusa Penida untuk menampung lulusan SMA maupun SMK secara gratis.

Untuk merealisasikan program itu, anggota DPR RI dapil Bali itu mengajak masyarakat Klungkung memenangkan Paket Koster-Ace dengan perolehan suara minimum 60 persen. “Untuk menjamin adanya kesinambungan pemerintah satu jalur, titiang nunas ida dana sareng sami nyarengin Paket Bagia dengan perolehan suara minimum 55 persen,” ujar Koster. 

(bx/wan/yes/JPR)

Source link