Banjir yang disebabkan gelombang air laut sempat membuat panik warga sekitar. Beberapa warga bahkan melporkan mengenai kejadian itu kepada Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Situbondo.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya saja sekitar 90 kepala keluarga rumahnya tergenang.  Tidak hanya di Dusun Mandaran saja yang menjadi korban tingginya gelombang air laut. Rumah masyarakat di Dusun Gudang juga terkena dampak dari Gelombang rob itu.

Informasi dari Badan Penanggulanag Bencana Daerah (BPBD), sekitar pukul 20.00 WIB, ada laporan mengenai gelombang air laut yang cukup tinggi dari masayarakat setempat. Tak lama kemudian, ada laporan lagi bahwa sudah beberapa rumah terendam.

 Mendapati hal itu, BPBD bersama kepala Desa dan koramil langsung turun ke lokasi. Ternyata benar, setelah dilakukan pengecekan, genangan air memasuki pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 30 centimeter. BPBD langsung mengerahkan personil Pusdalops  dan relawan untuk melakukan pemantauan kondisi lapangan.

Selain itu, kordinator BPBD Situbondo, Putiyono, menyampaikan bahwa pihaknya juga melakukan pendataan terhadap kebutuhan warga di desa tersebut

“Selain itu kami juga melakukan kordinasi terhadap pemerintah daerah setempat, guna mencari informasi dan mengetahui kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan oleh warga,” ungkap Puriyono. (cw1)

(bw/mls/ics/JPR)

Source link