Kantor keamanan di desa itu diresmikan langsung Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning kemarin. Hadir dalam kesempatan itu, kapolsek Jati, muspika, Kades Noor Badri, anggota Bhabinkamtibmas Pasuruhan Lor Aiptu Istiyarno, serta tokoh desa setempat. Dalam peresmian itu, ditandai pemotongan pita oleh Kapolres Kudus.

Kades Pasuruhan Lor Noor Badri menjelaskan, lokasi yang saat ini dijadikan Bhabinkamtibmas berbentuk ruko. Tempat itu milik aset desa yang sebelumnya digunakan kumpulan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

”Untuk memenuhi fasilitas yang berada didalamnya, tidak menggunakan dana desa melainkan swadaya hasil gotong royong masyarakat dengan bhabinkamtibmas. Alhammudillah mendapat dukungan juga dari Polsek Jati,” ungkapnya.

Bhabinkamtibmas Desa Pasuruhan Lor Aiptu Istiyarno mengatakan, awalnya memiliki ide membuat kantor bhabinkamtibmas, tapi tidak memiliki lahan. Setelah berdiskusi dengan pihak desa diberikan sebuah ruko untuk dipergunakan sebagai kantor baru. ”Kantor ini memiliki tujuan utama mendekatkan diri dengan masyarakat. Sekaligus menjadi tempat diskusi untuk memecahkan permasalahan yang ada,” katanya.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengatakan, Bhabinkamtibmas Center juga menjadi solusi dari persoalan kesulitan berinteraksi dengan warga. Biasanya, ketika bertemu warga hanya sebentar, dengan kantor baru ini dapat lebih lama dan lebih dekat dengan masyarakat.

”Aiptu Istiyarno kantornya sekarang di bhabinkamtibmas. Kalau ke polsek seperlunya saja. Jangan jadikan kantor ini hanya retorika, tapi digunakan sebagaimana fungsinya. Jangan sampai menjadi cemoohan orang atau warga karena tidak jalan,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, Bhabinkamtibmas Center merupakan bentuk sinergitas antara masyarakat, kepolisian, dan TNI yang didalamnya juga ada babinsa. Permasalahan yang ada di desa diharapkan bisa diselesaikan bhabinkamtibmas.

”Contohnya, ribut antarwarga, kasus judi dan mabuk-mabukan serta penganiayaan ringan. Atau persoalan sosial lainnya,” ungkapnya.

Saat ini, di polres kasus yang ditangani cukup banyak. Kalau masalah kecil yang seharusnya bisa diselesaikan Bhabinkamtibmas tidak perlu lapor ke polres atau polsek. ”Cukup ditangani bhabinkamtibmas,” tegasnya. 

(ks/san/lil/top/JPR)