JEPARA Central Java Triathlon 2017 di Pantai Bandengan yang berlangsung sejak Sabtu (4/11) sampai kemarin berlangsung sukses. Event ini diikuti 119 atlet dari dalam dan luar negeri.

Di hari kedua, para atlet berlomba di beberapa kategori. Antara lain relay group dan mix relay group. Di hari terakhir kemarin juga diserahkan penghargaan untuk kategori  male olympic distance dan female olympic distance. Meski penyerahan penghargaan berlangsung di hari kedua, namun lomba telah dilaksanakan di hari pertama.

Kategori relay group diikuti sembilan tim. Masing-masing tim terdiri atas tiga atlet. Para atlet menyelesaikan tiga jenis olahraga, yakni berenang, bersepeda, dan berlari. Jarak renang yang ditempuh sepanjang 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer, dan berlari 10 kilometer. 

Sedangkan kategori mix relay group diikuti enam tim. Masing-masing tim terdiri atas dua atlet putra dan dua atlet putri. Masing-masing atlet menyelesaikan ketiga jenis olahraga tersebut. Jarak renang yang ditempuh sepanjang 300 meter, bersepeda 6,5 kilometer, dan berlari 2,5 kilometer.

Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jepara Eman Pramono Aristiyanto mengatakan, ajang ini sudah kali kedua digelar di Jepara. Dari penyelenggaraan tahun lalu, pihaknya melihat ada sisi pengembangan potensi wisata. Sehingga tahun ini pihaknya menggandeng Disparbud Jepara untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

“Tujuan awal ajang ini adalah pembinaan dan pengenalan olahraga triathlon di Jepara. Sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Jepara,” imbuhnya.

Pramono menambahkan, potensi atlet di Jepara sangat bagus. Mereka juga sering mengikuti lomba di luar kota. Prestasinya pun cukup bagus. Di beberapa kategori yang dilombakan, tahun ini atlet Jepara naik podium. Hanya dua kategori yang tidak meraih podium, yakni male olympic distance dan female olympic distance.

“Tahun depan harapannya lebih banyak peserta dari Jepara maupun luar Jepara, bahkan luar negeri. Target tahun depan ada 500 peserta. Kami akan kembali koordinasi dengan Disparbud untuk persiapan lebih awal,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi mengapresiasi perbaikan yang dilakukan panitia. Komunikasi dan kerja sama dengan masyarakat terjalin dengan baik. Harapannya tahun depan rute lomba lebih representatif namun tidak mengganggu aktivitas warga. “Masyarakat bisa menonton, menikmati, dan tidak terganggu. Pemerintah kabupaten siap mendukung perbaikan infrastruktur,” katanya. (war)

(ks/aji/aji/JPR)

Source link