PASURUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan rupanya tidak main-main dengan penegakan disiplin pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Setelah tahun 2016 dan 2017 sudah memberhentikan 6 ASN, akhir tahun ini Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan sedang memproses pemberhentian 2 ASN lagi.

Mochamad Nasir, Kepala Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa awal tahun ini sudah dilakukan pemberhentian kepada 3 ASN yang ada di Kabupaten Pasuruan. Ini lantaran ketiga ASN tersebut melanggar disiplin dengan tidak masuk hingga lebih dari 46 hari secara komulatif tanpa alasan yang jelas.

“Selama 2 tahun terakhir ini, pemkab memang tegas menegakkan disiplin pegawai. Hal ini sudah tertuang dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Sesuai aturan jika ada yang melanggar kita akan berikan peringatan sampai sanksi hingga pemberhentian,” ungkapnya.

Nasir menjelaskan bahwa di tahun 2016 lalu, pemkab sudah memberhentikan 3 ASN yang melanggar disiplin. Tahun ini, sudah ada 3 ASN lagi yang diberhentikan. Ketiga ASN tersebut adalah golongan 3 sebanyak 1 orang dan golongan 4 sebanyak 2 orang. Namun Nasir enggan memberikan keterangan secara detail karena menyangkut nama baik dan keluarga.

Sedangkan dalam 3 bulan terakhir ini, Nasir menambahkan, ada 2 ASN lagi yang dalam proses pemberhentian. Alasannya yang pertama melanggar disiplin tidak masuk lebih dari 46 hari tanpa alasan yang jelas. Sedangkan satunya terkena sanksi lantaran penggelapan uang.

Dua ASN tersebut dikatakan pegawai golongan II dan menjabat staf. “Karena golongan dua sehingga pemberhentiannya bisa dilakukan lewat SK bupati,” ungkapnya.

Terkait proses pemberhentian, nantinya 2 ASN tersebut akan melalui sidang tim disiplin terlebih dahulu yang personelnya dari Inspektorat, Badan Kepegawaian dan diketuai Bupati Pasuruan. Terkait pemecatan atau tidak, kepastiannya lewat sidang tim disiplin tersebut. Pemberhentian ASN sendiri adalah dalam rangka penegakkan disiplin. Agar ASN di Kabupaten Pasuruan bekerja disiplin dan sesuai amanah.

Source link