KRAKSAAN – Belum sebulan dilantik, dua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Probolinggo, mengundurkan diri. Karenanya, Panitia Pengawas Pemilu (Panswaslu) Kabupaten Probolinggo, akan segera menggelar rapat pleno untuk melakukan pergantian antarwaktu (PAW).

Dua anggota Panwascam yang mengundurkan diri itu adalah Panwascam Krucil Nurha Ningsih dan Panwascam Gading Dodyk Hosnan. Mereka mengajukan surat pengunduran diri ke Panwaslu di hari yang sama, Sabtu (2/12). “Surat pengunduran diri kedua anggota Panwascam itu kami terima kemarin (Sabtu) pagi,” ujar Komisioner Panwaslu Kabupaten Probolinggo Divisi Hukum dan Pelanggaran Fathul Qorib.

Menurut Qorib, Nurha Ningsih mundur dengan alasan mempunyai kegiatan lain yang tak bisa ditinggalkan. Sedangkan, Dodyk beralasan keluarganya pindah domisili dari Kecamatan Gading ke Kota Probolinggo. Mereka mundur ketika menjabat tak sampai sebulan sejak usai dilantik pada 9 November lalu. Karenanya, menurut Qorib, hak-hak mereka, seperti honor dan sebagainya tidak dapat diberikan. Sebab, mereka belum bekerja sebagai Panwascam.

Qorib mengatakan, dengan adanya pengunduran diri itu, pihaknya akan menggelar rapat pleno PAW. Posisi dua kursi anggota Panswascam yang kini kosong itu, akan diberikan kepada pendaftar dengan nilai tertinggi di bawah keduanya. Atau, calon Panwascam yang punya nilai urutan ke empat.

“Kami akan menggelar rapat pleno untuk memilih pengganti mereka. Nilai tertinggi saat tes tulis dan tes wawancara tempo hari akan menjadi pedoman kami dalam menentukan pengganti keduanya,” ujar pria yang juga dosen di STIH Kraksaan, tersebut.

Terpisah, Dodyk Hosnan membenarkan dirinya memutuskan mengundurkan diri karena masalah keluarga. Menurutnya, istrinya yang kini tinggal di Kota Probolinggo, tidak bisa harus wira-wiri ke Kecamatan Gading. Sehingga, pihaknya memutuskan mengundurkan diri, meski harus kehilangan haknya selama menjadi Panswascam.

“Istri saya tinggal di Kota Probolinggo (Wonoasih). Saya tidak bisa wira-wiri dan kayaknya sulit untuk bisa maksimal. Jadi, mumpung masih baru saya mengundurkan diri,” ujarnya. Sedangkan, Nurha sampai berita ini ditulis, belum berhasil dikonfirmasi.

Source link