Dua pasangan calon itu adalah pasangan Ahmad Dhafir-Hidayat dan pasangan Salwa Arifin-Irwan Bachtiar. Keseluruhan calon tersebut, telah mengikuti serangkaian tes administrasi, kesehatan sampai tes psikologi. Dan dinyatakan lolos semuanya. “Seluruhnya memenuhi syarat, dan dua pasangan calon itu lolos,” tegas Hairul Anam, ketua KPUD Bondowoso. 

Dijelaskan, KPUD selama  ini telah melakukan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan proses pendaftaran calon. KPUD juga membentuk tim pokja. Baik untuk penelitian berkas administrasi maupun faktual. “Faktual seperti ijazah, data kependudukan dan lain sebagainya,” terangnya. Sampai akhirnya dinyatakan lolos kesemuanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, acara itu dihadiri dua LO dari masing-masing pasangan calon. Dari paslon Salwa-Bachtiar (Sabar) hadir Suprayogi dan Mahrus selaku LO. Sedangkan dari paslon Dhafir-Dayat hadir Nurrahman dan Epsir Rasek yang juga selaku LO. Kedua LO itu mengungkapkan rasa bangganya kepada KPUD Bondowoso yang menyatakan kedua paslon lolos.

Seperti dinyatakan Suprayogi, LO dari SABAR. Pihaknya juga sudah mengira pasangan SABAR pasti lolos. Dan ternyata memang lolos. Selanjutnya pihaknya mempersiapkan hal-hal terkait proses kampanye. Sebab tiga hari setelah pengumuman, akan dimulai masa kampanye.

Nurrahman, LO dari Dhafir-Dayat juga berpendapat serupa. Pihaknya sudah sangat yakin pihaknya pasti lolos. Sebab semua rangkaian sudah dijalani dan dianggap memenuhi syarat (MS) oleh KPUD Bondowoso. “Alhamdulillah kami lolos, dan selanjutnya akan membicarakan hal-hal terkait APK dengan KPUD,” terangnya.

(jr/hud/ram/das/JPR)

Source link