BALI EXPRESS, BADUNG – Tiga orang pelaku pencurian dan pemberatan alias curat masing – masing Adi firmansyah, 33, Sugianto, 33, dan Mohamad Usman, 26, diamankan Unit Reskrim Polsek Mengwi pada Senin (23/5) pukul 23.00 di tempat tinggal pelaku di Jalan Kebo Iwa Denpasar Barat. Ketiganya melakukan aksinya pada Jumat (4/5) pukul 03.00 dini hari di rumah milik Gede Sukardiana Putra, 40, Banjar Cica, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi.

“Perannya Adi sebagai pemetik, Sugianto memantau situasi TKP dan Usman sebagai jokinya,” terang Kanit Reskrim Polsek Mengwi Iptu I Wayan Sujana pada Rabu kemarin (23/5).

Menurut pengakuan korban, saat kejadian korban bangun tidur sekitar pukul 03.15, mendapati barang – barangnya sudah acak-acakan di ruang tamu. Kemudian korban membangunkan saudaranya. Koban kemudian mengecek kamar tidur anaknya melihat barang – barang di dalam kamar dan lemari juga berantakan. Serta barang – barang dan uang sudah tidak ada, atas kejadian tersebut korban langsung melaporkan kejadian ke Polsek Mengwi.

Setelah melakukan penyelidikan, tak berselang lama petugas mengendus identitas dan tempat tinggal pelaku. Hingga akhirnya diamankan.

“Saat ditangkap pelaku sedang tidur nyenyak. Dalam aksinya ketiga pelaku telah mengamati tempat korbannya dan membagi peran untuk melakukan aksinya,” terangnya.

Dari dalam rumah pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti hasil kejahatannya berupa sebuah handphone Samsung Note 8 warna hitam, Oppo warna gold, Evercross dan 2 buah buku tabungan BRI. Selain itu juga mengamankan alat yang dipergunakan melakukan aksinya yaitu sebuah linggis ukuran 30 sentimeter, sebuah betle, sebuah mobil, sebuah sarung tangan dan sebuah tas selempang kecil warna hitam. Kini pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

(bx/afi/yes/JPR)

Source link