Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pasuruan, Setyo Hadi mengungkapkan dari data Pemkot, jumlah warnet di Kota Pasuruan tercatat 53 buah. Namun, hanya 34 warnet yang masih beroperasi, sementara sisanya sebanyak 19 warnet sudah tutup.

Dan dari jumlah warnet yang beroperasi ini diketahui hanya empat warnet saja yang sudah berizin. Sementara sisanya sebanyak 30 warnet masih belum. Empat warnet yang sudah mengantongi izin ini terletak di Kelurahan Tembokrejo sebanyak dua warnet, sementara dua warnet lainnya terletak di Jalan Balaikota dan Kopegtel.

“Kami sudah melakukan pendataan warnet di Kota Pasuruan April lalu. Ternyata dari hasil pendataan kami mendapatkan masih banyak yang belum memiliki izin,” katanya.

Ia menyebut Diskominfo bekerja sama dengan bagian perizinan Pemkot akan melakukan sosialisasi pada pemilik usaha warnet dalam waktu dekat ini. Harapannya, mereka segera mengurus izin usaha dan izin mendirikan bangunan (IMB).

Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan pendampingan bagi warnet perihal batas waktu jam beroperasi mulai pukul 08.00-22.00 serta konten yang bisa ditampilkan. Ia pun sudah mengimbau pada pemilik usaha agar rutin memperhatikan konten yang dicari pelanggan warnet.

“Pemilik usaha sudah kami sosialisasi berulang kali. Jadi kami kira mereka sudah paham soal aturan warnet. Kalau memang masih bandel, ya pasti kami tindak,”jelasnya. 

(br/fun/riz/fun/JPR)

Source link