Pasar Bitingan harga daging kerbau per kilogramnya masih bertahan Rp 115 ribu. Daging sapi juga tidak mengalami kenaikan harga, masih Rp 110 per kilogram. Hal ini berdasarkan keterangan beberapa jumlah pedagang.

Suriah, penjual daging di Pasar Bitingan mengatakan, permintaan daging cukup banyak. Sementara harganya tetap stabil. ”Jelang Lebaran lalu daging sapi ramai permintaan. Setelah pasar libur dan hari ini (kemarin, Red) sudah aktivitas lagi, pembeli lumayan ramai, cuma daging yang dibeli rata-rata kerbau,” jelasnya. Saat ini, kata dia, penjual bakso sudah mulai berjualan, sehingga butuh daging.

Hal yang sama juga dialami pedagang daging di Pasar Kliwon. Harga daging di pasar tersebut masih sama seperti minggu lalu. Untuk kondisi pembeli juga tidak terlalu ramai. ”Ya biasa, yang beli daging kebanyakan memang penjual bakso. Ada juga cateringan yang menerima pesanan untuk acara setelah Lebaran. Persediaan saat ini juga tergolong normal,” ungkap Kusmini, penjual daging di Pasar Kliwon.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Imam Prayetno mengatakan, khusus komoditas daging, stok di tingkat pedagang cukup. Daging sapi dan kerbau pasokan rata-rata per bulannya mencapai 178 ton.

”Daging saat ini posisi aman dan harga terkendali. Tidak seperti bahan pokok lainnya seperti bawang merah, cabai, dan telur yang setiap pekannya mengalami perubahan harga. Kami tetap pantau di beberapa pasar, meski masih suasana libur tetap ada petugas yang keliling untuk harga sembako dan lainnya,” jelasnya.

(ks/san/lil/top/JPR)