Kerusakan ruas jalan yang memiliki panjang sekitar 1 kilometer ini, bahkan telah merenggut korban jiwa. Senin malam (22/1) seorang pengendara motor bernama Suharto, 49, harus meregang nyawa di jalan. Ia terlindas truk usai jatuh kejeglong jalan berlubang. 

Ruas Jalan Pattimura sendiri merupakan salah satu akses vital di Pandaan. Ruas jalan setempat jadi jalur industri dan menghubungkan pasar daerah Pandaan dengan jalan nasional. 

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, terdapat sejumlah kerusakan di sepanjang jalan setempat. Lubang jalan pun cukup menganga. Kondisi itu jelas membahayakan pengguna jalan. Tak hanya pengendara motor, namun juga mobil dan angkot. 

“Kerusakan jalannya sudah terjadi enam bulan terakhir. Ada puluhan titik lubang jalan yang tersebar di sepanjang jalan ini,” aku Wawan, warga Desa Tawangrejo, Pandaan. 

Warga sendiri berharap, kerusakan jalan yang cukup parah di ruas Jalan Pattimura itu segera diperbaiki. Sebab, bila tak kunjung diperbaiki, bisa saja terus memakan korban. 

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Apriyanto mengatakan, pihaknya telah menerima laporan kerusakan jalan itu. Perbaikannya pun telah disusun. 

“Pasti kami perbaiki. Namun, untuk perbaikannya, masih harus menunggu dana pemeliharaan jalan cair dulu. Saat ini, masih dalam proses,” jelas Hari kepada Jawa Pos Radar Bromo

(br/fun/zal/fun/JPR)

Source link