RADARSEMARANG.ID- Sekitar 3.000 warga Desa Menggoro Tembarak dan sekitarnya mengikuti kegiatan jalan sehat memperingati Hari Perempuan Internasional 2018 yang digelar DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Temanggung, Minggu (19/3/2018). Rombongan dilepas oleh Ketua DPC PKB Temanggung yang juga Calon Wakil Bupati Temanggung Matoha.

“Kegiatan jalan sehat ini untuk menumbuhkan kebersamaan, merekatkan persatuan antar warga,” ucap Ketua Panitia Endang Setyaningsih di sela acara.

Kegiatan jalan sehat ini juga dimeriahkan oleh komunitas Temanggung Reptil Lovers (Terelo), Temanggung Aeromodeling Club (TMGAC) dan komunitas lainya. “Beragam hadiah kita siapkan. Hadiah utamanya adalah kulkas dan satu ekor kambing,” ungkapnya.

Inisiator acara jalan sehat, Muhammad Hendri Wicaksono menuturkan, jalan sehat ini untuk menghormati dan menghargai peran kaum perempuan. Kata dia, dulu sebenarnya di Indonesia selalu memperingati hari perempuan, namun saat orde baru peringatan hari perempuan ditiadakan. “Saya berharap kegiatan hari perempuan internasional bisa terus diperingati di Indonesia. Tidak hanya oleh perempuan saja, namun juga diperingati kaum laki-laki,” kata anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah ini.

Menurutnya, peran perempuan sejauh ini sudah ada peningkatan, hanya saja belum maksimal. Terkait keterlibatan perempuan di parlemen, UU Pemilu mengharuskan ada keterwakilan perempuan, dengan mendudukkan calon legislatif perempuan di nomor tiga besar.

(sm/san/ton/JPR)