KUDUS – Juara Student Festival (SF) 2017 bertekad mempertahankan gelar di SF 2018. Sebab, tahun ini siswa dari MAN 1 Kudus kembali mengikuti SF. Mereka akan mengikuti 3D wall magazine dan pentas seni. Pada tahun lalu, di dua kategori ini mereka menjadi juara I.

Shofiah, pembina jurnalistik MAN 1 Kudus mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan kreativitas anak. ”Untuk itu di acara yang sama tahun ini, kami akan mengirimkan peserta untuk mengikuti lomba mading 3D maupun pentas seni. Karena peserta didik kami ada yang pandai menari,” ucapnya.

SF 2016: Salah satu peserta lomba pensi saat tampil dalam Student Festival 2016 di Auditorium STAIN (sekarang IAIN) Kudus.
(donny setyawan/radar kudus)

Ajang seperti ini bisa menjadi penyemangat bagi peserta didik untuk kembali berkarya. Apalagi tema yang dibawakan kali ini tidak jauh beda dengan tema yang sudah pernah dilombakan. Yaitu, Lawan Hoaks. ”Mengenai kategori lomba lainnya masih kami koordinasikan dengan waka kesiswaan madrasah,” imbuhnya.

Sementara itu, peraih juara I lomba suporter dari SMK Wisudha Karya juga akan ikut serta dalam SF yang digelar Jawa Pos Radar Kudus bekerja sama dengan Polres Kudus. Mereka ingin menambah kemeriahan saat acara berlangsung.

Ketua Panitia M. Ulin Nuha mengungkapkan, SF ini akan berlangsung Minggu (13/5) di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK). Ini sebagai ajang kreativitas generasi zaman now di eks Karesidenan Pati dan Grobogan.

Ada beragam lomba yang bisa diikuti pelajar. Meliputi lomba 3D wall magazine, pentas seni (band dan dance), reportase, fotografi, vlog, dan suporter. Namun, lomba 3D wall magazine dan pentas seni (pensi) kuotanya terbatas. Itu dimaksudkan agar kreativitas peserta bisa maksimal.

”Untuk peserta lomba 3D wall magazine dan pensi kami buka kuota 20 peserta. Jika tidak dibatasi, dikhawatirkan totalitas performa masing-masing peserta kurang,” imbuhnya.

Oleh karena itu, peserta di seluruh wilayah eks Karesidenan Pati dan Grobogan bisa segera mendaftarkan diri. Sebelum kuota terpenuhi. Pelajar bisa mendaftarkan diri di kantor Jawa Pos Radar Kudus.

Bagi pelajar di Kudus bisa mendaftar di Jalan Lingkar Utara No. 17, Desa Bacin, Bae, Kudus. Untuk pelajar di Jepara bisa mendaftar di kantor Jawa Pos Radar Kudus Biro Jepara, Jalan Pemuda Nomor 90, Kelurahan Saripan, Jepara; kantor Biro Pati di Jalan Tondonegoro Nomor 5, Kelurahan Pati Kidul, Kota Pati; kantor Biro Rembang Jalan Pemuda Nomor 90, Desa Leteh, Rembang; dan kantor Biro Grobogan Jalan A Yani Nomor 136 A, Kelurahan Kuripan, Purwodadi. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 085866777099 (M. Ulin Nuha) atau 082242868553 (Indah Susanti). 

(ks/ela/don/lin/ris/aji/JPR)