PASURUAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan telah menetapkan daftar pemilih sementara untuk Pemilu 2019 sebanyak 142.275 pemilih. Seluruhnya akan menggunakan hak politiknya untuk memilih calon anggota legislatif, DPD, dan Presiden, April 2019 mendatang. Selain itu, KPU juga melakukan penambahan jumlah TPS.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, A Sofyan Sauri menyampaikan, jumlah TPS pada Pemilu nanti dipastikan akan bertambah. Dibandingkan dengan TPS pada pelaksanaan Pilgub lalu sebanyak 310 TPS. Kini, jumlahnya bertambah 100 persen.

“Karena dalam Pilgub, per TPS ada sekitar 800 pemilih. Namun dalam Pemilu, ada lima lembar kertas suara. Dan idealnya penghitungan suara itu dapat dilakukan lebih cepat, apabila jumlah pemilih di TPS lebih sedikit, maka dari itu ada penambahan TPS,” ujarnya.

Menurut Sofyan, penambahan TPS itu sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Saat ini, KPU Kota Pasuruan telah menetapkan jumlah TPS yang akan didirikan dalam Pemilu 2019 sebanyak 621 TPS.

“Karena untuk Pemilu idealnya per TPS hanya ada 300 pemilih, sesuai dengan PKPU Nomor 7,” tambahnya.

Sofyan menyebut, dari empat kecamatan yang ada, TPS terbanyak berada di Kecamatan Panggungrejo. Sebab, jumlah pemilih di kecamatan tersebut juga tinggi. Ia merinci, di Kecamatan Bugul Kidul ada 89 TPS, di Kecamatan Gadingrejo ada 140 TPS, dan di Kecamatan Purworejo ada 176 TPS.

“Untuk di Kecamatan Panggungrejo memang cukup banyak. Jumlahnya 216 TPS, menyesuaikan dengan jumlah pemilih sekitar 48 ribu. Sekarang kami masih memulai penyusunan DPS HP, nanti akan ditetapkan serentak se Kota Pasuruan tanggal 17 Juli,” ucapnya.

(br/tom/fun/fun/JPR)

Source link