Untuk diketahui, hadiah diberikan kepada 9 siswa dengan nilai tryout terbaik di masing-masing jurusan. Untuk jurusan IPA didominasi siswa SMAN 2 Nganjuk. Peringkat pertama ditempati Firsta Nur Sya’bani dengan nilai 314. Sementara urutan kedua ada Asvira Ditya Siswanto dengan nilai 307. Adapun posisi ketiga diraih Nur Intan Mei Hidayati dengan nilai 306.

Untuk IPS, juara pertama diraih Dhialuqyana Izdihar dengan nilai 290 dari SMAN 2 Nganjuk. Sedangkan juara 2 adalah Aprelya Arindita dari SMAN 1 Nganjuk dengan nilai 288. Adapun juara 3 diraih siswa SMAN 2 Nganjuk, Endi Dwi Prahyuono dengan nilai 282.

Kemudian, untuk jurusan bahasa semuanya dari SMAN 1 Nganjuk. Mereka adalah Silvia Agustin Dahwana dengan nilai 244, Anastya Galih Pramesthi dengan 232 Nabila Aurelia Pramesti dengan nilai 232.

Penyerahan hadiah dilakukan di sela upacara bendera di halaman SMAN 2 Nganjuk. Dalam sambutannya, Adi berpesan agar nilai baik yang didapat saat tryout lalu, tetap dipertahankan. “Kalau perlu terus ditingkatkan belajarnya,” kata Adi usai menyerahkan hadiah.

Menjelang UNBK pada April nanti, kata Adi, siswa kelas XII harus terus belajar. Materi dari sekolah maupun tryout yang sudah dilaksanakan perlu dipelajari kembali. “Jangan lupa belajar materi-materi yang sudah didapat,” lanjut mantan Kepala SMAN 3 Nganjuk ini.

Untuk siswa yang nilai tryout di bawah standar, Adi meminta agar mereka tidak berkecil hati. Justru, dari sana siswa bisa mengevaluasi kekurangannya. Sehingga, mereka benar-benar siap. “Dievaluasi lagi apa saja kekurangannya,” pintanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Nganjuk Gunardi mengatakan, sekolahnya mempersiapkan dengan baik menjelang UNBK nanti. Setiap hari, siswa mendapatkan materi tambahan dari guru. “Anak-anak masih persiapan terus sebelum UNBK,” kata Gunardi.

Pada UNBK tahun ini,lanjut Gunardi, SMAN 2 Nganjuk hanya menerapkan dua sesi ujian. Yakni pagi dan siang. Dengan begitu, siswa tidak terlalu letih menghadapi ujian di hari berikutnya. “Kami tambah jumlah komputernya agar bisa dua sesi,” ujar mantan Kepala SMAN 1 Kertosono ini.

Terpisah, Manajer Pemasaran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan tryout UNBK yang pertama ini. Dia berharap, tahun berikutnya kerjasama dapat dilanjutkan. “Semoga tahun depan, bisa menyelenggarakan kembali,” harapnya. 

(rk/baz/die/JPR)

Source link