Suasana posko sudah ramai sejak pukul 15.00. Sudikerta sudah lebih awal di lokasi, namun Rai Mantra baru datang sekitar pukul 17.00, dan langsung memberikan penjelasan kepada awak media. Mantra – Kerta didampingi oleh jajaran Tim KRB (Koalisi Rakyat Bali) seperti Ketua Demokrat Bali Made Mudarta, Ketua Tim Pemenangan Mantra – Kerta Gede Wididana alias Pak Oles, Sekretaris DPD Golkar Nyoman Sugawa Korry dan jajaran lain.

“Yang pertama saya ucapkan terima kasih atas perjuangan tim Pemenangan Koalisi Rakyat Bali,” kata Rai Mantra.

Walikota Denpasar, ini mengatakan sejak awal memastikan bahwa komitmenya dalam Pilgub Bali, memastikan bahwa apa pun hasilnya harus diterima sebaik – baiknya. Saat ini sudah ada hasil, hasil rekap yang menyatakan memang lebih ungguk Koster – Cok Ace. “Kami bersepakat menerima hasil rekap suara, dan mengakui memang lebih unggul Koster – Cok Ace,” jelas anak dari Mantan Gubernur Bali IB Mantra ini.

Rai Mantra juga mengatakan bahwa berdasarkan hasil rekap, perolehan hasil suara Mantra – Kerta adalah 42,38 persen atau 891.178 suara, sedangkan Koster – Cok Ace mendapatkan 57.62 persen atau 1.211.556 suara. “Dengan hasil ini, kami mengucapkan selamat kepada paslon nomor urut satu, Bapak Koster dan Cok Ace,” ucapnya.

Rai Mantra mengharapkan, nantinya mampu menjalankan tugas dan mengemban amanat rakyat untuk bisa Bali maju, damai, sejahtera dengan semangat gotong royong. Baginya kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Bali.

“Ini kemenangan rakyat Bali, semoga Bali damai, sejahtera dan tetap mengedepankan gotong royong,” tandas Rai Mantra.

Selanjutnya Rai Mantra mengucapkan terima kasih kepada jajaran tim pemenangan, atas perjuangannya untuk memenangkan Mantra – Kerta. Terima kasih juga atas semangat untuk menjaga Bali tetap kondusif. Sempat ditanya kemarin, terkait dengan rencana menemui Paslon Koster – Cok Ace. Rai Mantra mengatakan setelah penetapan hasil resmi di KPU Bali. Sedangkan terkait arah perjuangan politik Ketut Sudikerta, menurut Mudarta, Sudikerta akan fokus memimpin partai sambil melanjutkan usaha kerakyatanya.

“Kemana Pak Sudikerta, tadi sempat saya berbincang. Nantinya Pak Sudikerta fokus memimpin partai sambil mengelola usaha ekonomi kerakyatan,” sahut Mudarta.

Hitung Cepat KPU dari C1 Sudah 100 Persen

Terkait dengan penghitungan cepat di KPU Bali berdasarkan C1, sudah dimasukkan dalam sistem informasi KPU RI, Paslon Koster – Ace mendapat suara 1.211.556 (57.62 persen). Sedangkan paslon Mantra – Kerta mendapat suara 891.170 (42.38 persen). Data ini setelah seluruh C1 dari TPS sudah masuk ke system KPU Bali.

Terkait hasil hitung cepat KPU, Ketua KPUD Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, hasil hitung cepat KPU tersebut masih bersifat sementara. Tetap nantinya hasil resmi sesuai dengan tahapan, yaitu penetapan calon pemenang. Pada intinya hitung cepat KPU memuat jumlah perolehan suara masing-masing calon di 6.296 TPS se-Bali. “Hasil final tetap sesuai dengan tahapan, yang ditetapkan sebagai calon pemenang nanti hasil resminya,” tegas Raka Sandi.

Sedangkan versi hitung C1 yang dilakukan di internal PDIP, ada perubahan hasil dibandingkan dengan hasil hitung cepat LSI. Yaitu Koster – Ace yang disebut kalah di Jembrana, setelah dihitung secara real akhirnya menang tipis atas rivalnya Mantra – Kerta. Hasil hitung cepat SMRC, sebelumnya Rai Mantra – Sudikerta mendapatkan 50,1 persen dan Koster – Cok Ace mendapatkan 49,9 persen.

Setelah dihitung secara riil, Koster – Cok Ace menang di Jembrana yaitu 52,84 melawan 47,89 persen.

 

Penghitungan Real Count Pilgub Bali versi PDIP

Kabupaten/Kota  Koster – Ace                  Mantra – Kerta

1.     Denpasar    31,64 persen                  68,77 persen

2.     Badung       74,99 persen                  25,01 persen

3.     Tabanan     68,34 persen                  31,26 persen

4.     Jembrana    52,84 persen                  47,09 persen

5.     Buleleng      69,23 persen                  30,83 persen

6.     Bangli         66,25 persen                  33,75 persen

7.     Karangasem         40,62 persen                  59,3 Persen

8.     Klungkung 32,49 persen                  67,51 persen

9.     Gianyar      64,27 persen                  35,74 persen

Total                57,62 persen                  42.45 persen

 

(bx/art/ima/bay/yes/JPR)

Source link