AHMAD MUSTHAFA AL QOHHAR             

Bila bicara tentang musik hip hop, mungkin tak banyak yang paham. Sebab, genre musik ini tak semafiliar seperti halnya lagu pop ataupun dangdut. Namun, di Kediri, ada sekelompok penyuka musik genre ini. Bahkan, mereka membentuk komunitas yang solid. Karena, ternyata, musik hip hop juga sudah digemari sejak lama di Kediri.

“Kami tergabung dalam Kediri Hip Hop Family sejak 2008. Dan masih aktif sampai sekarang,” Cahya Sandi, atau yang lebih dikenal dengan nama Black di komunitasnya.

Menurut Black, hip hop sebenarnya terdiri dari beberapa jenis musik.  Ada beberapa elemen penyusun hip hop. Seperti DJ, rap, gravity, dan breakdance. Dari keempat elemen penyusun itulah berdiri Kediri Hip Hop Family.

“Dengan adanya komunitas yang tergabung di sini, akan memudahkan koordinasi jika ada even,” terang Black.

Black sendiri, fokus pada eleman rap. Ia mengaku mengenal rap sejak dirinya masih SD. Hingga kini, pria 28 masih aktif dalam hobinya nge-rap. Dan juga termasuk dalam pendiri Kediri Hip Hop Family.

“ Untuk menjaga agar komunitas selalu solid, kami adakan meet up setiap dua minggu sekali,” terang Black.

Mayoritas dalam komunitas ini memang berasal dari eleman rap. Akan tetapi elemen lainya pun juga sangat penting dalam sejarah berdirinya komunitas ini. Yanuar, mantan ketua Kediri Hip Hop Family, mengatakan bahwa  kini ada satu elemen baru yang tergabung. Yaitu genre beat box.

“Beberapa pemuda dari elemen beat box bergabung pada Kediri Hip Hop Family,” terangnya.

Pria 31 tahun tersebut merupakan ketua komunitas tersebut hingga 2017. Ia digantikan ketua baru yaitu Eky beberapa bulan yang lalu. Eky yang statusnya kini merupakan pelajar di SMA Negeri 8 Kediri diharapkan mampu meningkatkan kualitas genre hip hop . Khususnya dalam komunitas Kediri Hip Hop Family.

“Harapan kami dengan regenerasi kepengurusan genre hip hop dapat dapat berkembang,” tutur Yanuar .

Ia menambahkan bahwa Kediri Hip Hop Family selulu terbuka buat anggota baru. Tentu saja anggota tersebut pastilah memiliki aliran musik yang sama. Bukan hanya yang sudah memahami hip hop saja , ada beberapa yang tergabung berawal dari penasaran. “Hip hop itu seperti apa, lalu ketika sudah masuk di dalamnya mereka bebas memilih aliran yang ada,” ungkap Eky, sang ketua baru.

Eky sangat optimistis bahwa komunitasnya akan selalu eksis di masyarakat. Kini, menurutnya, komunitasnya sedang menggarap sebuah proyek kerjasama dengan salah satu perusahaan rokok. “Kami ada kerja sama dengan salah satu pabrik rokok untuk mengarap sebuah album dari teman-teman Kediri Hip Hop Family,” ujarnya.

Pelajar yang baru naik ke kelas XII tersebut mengaku selalu mendapatkan bimbingan serta arahan dari senior- seniornya tentang apa yang perlu diperhatikan demi kemajuan komunitas tersebut. Ia juga mengaku bahwa Kediri Hip Hop Family juga sering mengikuti even even yang ada di Kota maupun Kabupaten Kediri. “Yang baru baru kami ikuti seperti Kediri Night Right, CFD, KRR street jump, dan masih banyak lagi,” ujar Eky.

Menjaga solidaritas grup melalui komunikasi antaranggota adalah salah satu fokusnya. Dengan demikian Kediri Hip Hop Family selalu solid dan semakin berkembang untuk ke depannya. Selain itu dengan adanya komunikasi yang baik antara anggota, akan meminimalisasi adanya mis-komunikasi antarangota.

“Kami lakukan komunikasi melalui grup Whatshap. Selain itu kami lakukan pertemuan rutin anggota guna menjalin tali silaturahmi,” pungkas Eky.

(rk/die/die/JPR)

Source link