Berdasar hasil real count akhir di tingkat kabupaten tersebut, pasangan Khofifah-Emil memperoleh 289.615 suara atau 55 persen. Sementara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri meraup 236.343 suara atau 45 persen.

Hasil real count berdasar hitung manual yang digelar KPUK tersebut tidak mengubah hasil quick count yang sejumlah tim sukses. Keduanya, baik quick count maupun real count sama-sama memenangkan nomor urut satu. Bahkan, pada proses real count, perolehan suara kedua pasangan sama-sama meningkat.

Jika sebelumnya pada quick count pasangan Kofifah-Emil memperoleh 276.075 suara, pada real count bertambah 13.540 suara. Begitu juga pasangan Gus Ipul-Puti. Suaranya juga naik 11.607 dari sebelumnya yang hanya 236.343 suara.

Pantauan Jawa Pos Radar Tuban, hasil rekapitulasi akhir tingkat kabupaten yang digelar di gedung KSPK Jalan  Wahidin Sudiro Husodo itu berjalan lancar. Bahkan, selama proses penghitungan berlangsung, tak satu pun pihak-pihak terkait yang mengajukan keberatan. Baik dari saksi masing-masing pasangan calon maupun panitia pengawas pemilu (panwaslu). Hasilnya, semua peserta yang hadir dalam rekapitulasi tingkat kabupaten tersebut menerima.

Ketua KPUK Tuban Kasmuri mengatakan, rekapitulasi suara di tingkat kabupaten merupakan proses penghitungan suara terakhir. Dengan demikian, kini KPUK setempat resmi menyatakan pasangan Khofifah-Emil sebagai pemenang pilkada di Tuban. ‘’Alhamdulillah proses rekapitulasi berjalan lancar,’’ ujarnya.

Disampaikan Kasmuri, hasil penghitungan secara resmi itu selanjutnya diserahkan ke KPU provinsi untuk selanjutnya ditetapkan di tingkat provinsi. ‘’Untuk Tuban tidak ada masalah. Proses rekapitulasi dari tingkat desa hingga kabupaten berjalan lancar,’’ tandasnya.

(bj/can/tok/ds/bet/JPR)

Source link