Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Pemprov Jatim Wilayah Nganjuk Adi Prayitno mengatakan, kuota 11 persen itu untuk calon siswa dari luar daerah. Rinciannya, 1 persen dari luar provinsi dan 10 persen dari luar kabupaten. “Ada kuota untuk anak luar daerah,” kata Adi kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Untuk kuota luar kabupaten, kata Adi, masing-masing dibagi menjadi 5 persen. Yang pertama, siswa yang SMP dan MTs-nya di Kabupaten Nganjuk tetapi domisili di luar Nganjuk. Kedua, siswa yang SMP dan MTs serta tempat tinggalnya di luar Nganjuk. “Dibagi sama. Masing-masing lima persen,” lanjutnya.

Dia mengakui, kuota luar provinsi jarang terpenuhi. Pasalnya, jarak Kabupaten Nganjuk dengan perbatasan provinsi relatif jauh. Sementara, kuota luar daerah sering terpenuhi. Terutama, sekolah yang terletak di dekat perbatasan kabupaten atau kota.

Di Kabupaten Nganjuk, Adi melanjutkan, sekolah yang menjadi jujugan siswa luar daerah biasanya ada di perbatasan. Misalnya, daerah timur ada SMAN 1 Kertosono dan SMKN 1 Kertosono. Biasanya siswa berasal dari Purwoasri, Kabupaten Kediri dan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Sementara, di daerah utara ada SMAN 3 Nganjuk dan SMAN 1 Rejoso yang menjadi tujuan. Rata-rata siswanya berasal dari Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan wilayah barat ada SMKN 1 dan SMKN 2 Bagor. Peminatnya berasal dari Kabupaten Madiun. “Setiap tahun, pasti ada yang mendaftar dari luar kabupaten,” terang mantan Kepala SMAN 3 Nganjuk ini.

Dengan ketentuan itu, Adi mengatakan, siswa luar daerah bisa mendaftar melalui jalur reguler atau online.  Di luar itu, mereka juga diberi kesempatan mendaftar lewat jalur offline seperti prestasi, bidik misi dan mitra warga. Karena itu, kuotanya sesuai dengan yang ditetapkan provinsi. Yakni, jalur prestasi  5 persen, bidik misi 3 persen dan mitra warga 5 persen.

Untuk diketahui, pengambilan personal identification number (PIN) untuk PPDB SMA/SMK jalur online dibuka pada 25 Mei sampai 8 Juni. Calon siswa bisa mengambilnya di SMAN dan SMKN negeri terdekat dari tempat tinggal mereka. Adapun pendaftaran dimulai pada 30 Mei sampai 4 Juni.

(rk/baz/die/JPR)

Source link