Jerman baru mendapat tiga poin dari dua laga di grup F. Mereka secara mengejutkan kalah 1-0 pada pertandingan pembuka melawan Meksiko. Pada pertandingan kedua Jerman membaik, mereka mampu mencetak gol melawan Swedia dan menang 2-1.  Namun demikian permainan Jerman dinilai belum solid untuk bisa mempertahankan gelarnya.

Menang kata yang wajib bagi pasukan Joachim Loew untuk pertandingan terakhir ini, bahkan menang saja tidak cukup karena mereka butuh gol lebih banyak. Saat ini Jeman dan Swedia memiliki poin dan selisih gol yang sama, namun Jerman ada di posisi kedua karena kemenangan head-to-head. Itu masih kurang bisa menjamin karena itu jumlah gol sangat penting di laga ini bagi mereka. Dari dua pertandingan terakhir ketajaman Jerman belum begitu terlihat, karena itu lawan Korea ini Jerman harus lebih tajam lagi.

Jerman juga  berada dalam pantauan kutukan juara bertahan. Sekadar informasi, juara bertahan Piala Dunia dalam dua edisi terakhir sebelum Jerman, selalu tersingkir di fase grup. Italia yang merupakan juara Piala Dunia 2006, tersingkir di fase grup 2010. Teranyar, Spanyol terhenti di fase grup 2014 setelah menjadi juara dunia 2010.

Pada pertandingan nanti, Jerman  bermain tanpa bek andalan mereka, Jarome Boateng karena mendapat dua kartu kuning saat melawan Swedia. Sementara itu Joachim Loew tampaknya akan memberikan kepercayaan kepada Ilkay Gundogan yang masuk sebagai pemain pengganti melawan Swedia.

Berkaca dari materi pemain, Jerman seharusnya tidak hanya memetik poin penuh pada laga ini tapi juga bisa menang dengan selisih minimal dua gol. Tapi itu semua ada syaratnya, di mana mereka harus lebih fokus dan tidak menganggap enteng Korea Selatan. 

Dari kubu Korea Selatan, tim Asia langganan Piala Dunia ini sudah dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar usai mereka kalah 2-1 melawan Meksiko. Ini merupakan kekalahan kedua Korea Selatan di fase grup, namun perkembangannya mereka mampu mencetak gol, tidak seperti pada laga sebelumnya.

Di kubu Korea Selatan tampaknya tidak akan banyak perubahan line-up dari laga melawan Meksiko. Lee Seung-Woo yang menjadi cadangan saat melawan Meksiko akan diberi kesempatan starter mengingat penampilannya cukup apik saat itu.(pps/rak)

(sb/jpg/jek/JPR)