Untuk membantu dan memfasilitasi itu, RS Al Huda dengan 27 mesin hemodialisa dan tim terlatih siap layani cuci darah traveling bagi pemudik. Cukup dengan prosedur yang mudah, siapa pun bisa memperoleh layanan ini.

Manajer Pelayanan Medis RS Al Huda Dokter Suryadinata mengatakan, pasien umum yang akan menjalani cuci darah traveling, cukup membawa surat Traveling Dialysis dari tempat semula dan diserahkan ke RS Al Huda. ”Sedangkan untuk pasien BPJS Kesehatan, selain membawa surat Traveling Dialysis dari tempat semula, juga membawa persyaratan rutin BPJS seperti kartu peserta dan identitas diri (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) ,” jelas Surya.

Hal senada disampaikan dr Jamal SpPD, Dokter Penanggung Jawab Hemodialisa di RS Al Huda. ”Bagi pasien-pasien dari luar kota yang harus menjalani hemodialisa sebanyak dua kali atau bahkan lebih dalam seminggu, tidak perlu khawatir akan kesehatannya selama Lebaran,” tuturnya.

Menurut Jamal, RS Al Huda Banyuwangi siap melayani cuci darah traveling setiap hari. Begitu pula bagi pasien rutin tidak perlu cemas. Karena jadwal tidak akan tergeser oleh penambahan pasien dari luar kota. ”Semua jadwal akan diatur dan dikelola dengan sebaik mungkin oleh petugas HD RSAH, tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas HD,” tegas Jamal.

Untuk itu, guna mengantisipasi membeludaknya pasien seperti tahun-tahun sebelumnya dan demi kelancaran pelayanan hemodialisa serta kenyamanan pasien, diharapkan pasien yang akan menggunakan layanan hemodialisa traveling, jauh-jauh hari sudah menghubungi RS Al Huda untuk melakukan penjadwalan. Atau datang langsung ke Unit Hemodialisa RS Al Huda di Jalan Raya Gambiran 225, Desa/Kecamatan Gambiran, Banyuwangi. (*/bay)

(bw/mls/ics/JPR)

Source link