Kunjungan dikemas dalam study excursie & professional placement. Para mahasiswa program strata dua (S2) tersebut memilih kabupaten ujung timur Pulau Jawa ini sebagai laboratorium untuk meneliti secara langsung keberhasilan pembangunan di berbagai bidang yang dilaksanakan pemkab.

Rombongan calon magister tersebut dipimpin langsung Ketua Program Studi (Prodi) Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Unair Dr Windijarto. Selain itu, mereka juga didampingi dosen pengembangan kompetensi yang sekaligus Pimpinan Unair Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Banyuwangi Prof Dr Suryanto.

Ketua Panitia Study Exercise dan Profesional Placement di Banyuwangi Andy Asmara mengatakan, Banyuwangi di bawah kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang. Sektor pelayanan publik, kompetensi aparatur sipil negara (ASN), hingga sektor pariwisata meningkat pesat. ”Pemkab Banyuwangi juga berhasil menekan angka kemiskinan secara signifikan,” ujarnya.

Bukan itu saja, Pemkab Banyuwangi juga berhasil mengubah paradigma ASD dari yang sebelumnya cenderung minta dilayani menjadi siap melayani. ”Maka, kami memilih Banyuwangi menjadi laboratorium berjalan. Kami akan melakukan studi di sini (Banyuwangi) selama dua hari atau sampai besok (hari ini),” kata dia.

Diungkapkan Andy Asmara, Brand Banyuwangi sangat luar biasa. Baik regional, dalam negeri, maupun luar negeri. Masyarakat dan stake holder di Banyuwangi pun ikut merasakan dampaknya. ”Bahkan, Proh (HC) Dahlan Iskan, menyebut Banyuwangi sebagai ilmu hidup untuk dapat dipelajari,’’ umgkapnya.

Dikatakan, sekolah pascasarjana PSDM Unair merupakan prodi bagi mahasiswa yang menggeluti tentang studi kepemimpinan, kompetensi, inovasi. Baik di bidang pemerintahan, industri dan bisnis.  ”Melihat perkembangan Banyuwangi tersebut, kami merasa perlu banyak menimba ilmu. Dengan demikian, skill dan knowledge makin komplet. Tidak hanya akademik teoritis, melainkan juga praktik dan aplikatif,’’  tandasnya.

Selama berada di Bumi Blambangan, rombongan mahasiswa S2 Unair tersebut akan mengunjungi sejumlah tempat, mulai Mal Pelayanan Publik (MPP) hingga sejumlah destinasi wisata. Selain itu, mereka juga menggelar diskusi dengan jajaran pemkab. Diskusi yang juga dihadiri Asisten Pemkab Pudjo Hartanto dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) M. Yanuarto Bramuda, tersebut digelar di ruang Minakjinggo kantor Pemkab Banyuwangi kemarin. (sgt/aif)

(bw/sgt/ics/JPR)

Source link