Selain lokasi dan fungsinya, ada hal lain yang tak berubah dari pabrik Kasa Husada, yakni kondisi bangunan. Jika diperhatikan, kondisi bangunan pabrik yang berada di Jalan Kalimas Barat ini masih tetap kokoh. Dinding tebal dan model bangunan khas Eropa terlihat masih utuh, padahal usianya sudah hampir seabad.

Yuan Abadi-Wartawan Radar Surabaya

Sejak dibangun sekitar pertengahan tahun 1926, kondisi pabrik kasa Husada masih tetap sama. Tak ada yang berubah dari bangunan yang ditetapkan menjadi cagar budaya tersebut. Bangunan yang dibangun di atas tanah seluas 1,2 hektar tersebut memiliki tiga struktur bangunan.

Tiga bangunan tersebut memiliki fungsi masing-masing. Bangunan pertama, digunakan untuk kantor, sedangkan dua bangunan lain digunakan untuk aktivitas pabrik. Semua bangunan tersebut masih utuh dari sejak dibangun.

“Pabrik kasa ini dari dulu sampai sekarang ya seperti ini tak banyak yang berubah,” ungkap Humas PT Kasa Husada Sutrisno kepada Radar Surabaya.

Menurut Sutrisno, bangunan tersebut memang terus di rawat oleh pihak perusahaan. Hanya saja, karena sudah menjadi cagar budaya, perawatan yang dilakukan hanya sebatas pengecatan dan juga memperbaiki atap yang bocor.

“Kalau cagar budaya kan memang tak boleh dipugar, yang membuat berubahnya struktur atau bentuk bangunan. Jadi kami turut menjaga dengan hanya melakukan pengecatan saja,” terangnya.

Lagi pula, lanjut Sutrisno, pihak perusahaan pun akan kesulitan jika memugar bangunan tersebut. Selain luas bangunan, dinding tebal khas bangunan Belanda yang super tebal tentu membuat pihak perusahaan berpikir dua kali. Sehingga daripada kehilangan ciri dan identitas bangunan, perusahaan sepakat untuk menjaga dan merawat cagar budaya tersebut.

“Selain itu, kami juga akan mendapatkan sanksi jika memugar bangunan yang mengakibatkan perubahan bentuk,” terangnya.

Sutrisno menambahkan, karena saking konsistennya menjaga bangunan, pihak perusahaan sering kebingungan saat hendak memasang instalasi listrik. Disisi lain, pihak perusahaan ingin kondisi dinding masih utuh, namun disisi lain instalasi yang dipasang  juga harus tetap aman.

“Untuk itulah, kami biasa meminta jasa instalasi listrik yang sudah berpengalaman, tujuannya ya untuk menjaga bangunan ini,” tandasnya. (bersambung/nur)  

(sb/yua/jay/JPR)