Hal tersebut disampaikan usai sowan di kediaman KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, kemarin. Menurutnya dari persiapan penginapan, transportasi dan katering semuanya sudah mendekati rampung. Bahkan, untuk persiapan di Arafah dan Mina.”Secara prinsip kini tinggal konsentrasi persiapan di tanah air,” ungkapnya singkat.

Secara khusus, dia mengakui untuk katering memang tidak dapat memuaskan seluruhnya. Apalagi jumlahnya berkisar 204 ribu jamaah haji tahun ini. Dia mengibaratkan di tengah kehidupan berumah tangga antara selera suami dan istri berbeda, namun sedapat mungkin meningkatkan pelayanan.

”Kami sedapat mungkin meningkatkan, tidak hanya kualitas gizi namun rasa. Dengan cara semua perusahaan katering memiliki chef dan bahan dari Indonesia,” terangnya.

Selain itu, mengenai kebijakan kementerian Arab Saudi yang harus diketahui jamaah, intinya suhu udara bakal relatif lebih panas. Oleh karena itu seluruh jamaah di Indonesia diingatkan lebih mempersiapkan diri khususnya kesehatan.

Terpisah Kepala Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Athoilah menyampaikan persiapan haji tahun 2018 di Kabupaten Rembang terus dilakukan. Terbaru pembentukan panitia dan evaluasi pemberangkatan dan pemulangan.

”Totalnya tahun ini yang berangkat ada 792 jamaah calon haji. Dari 792 jamaah calon haji yang berangkat ada dua yang tidak dapat berangkat,” ungkapnya.

Rinciannya pertama sakit atas nama Rochwidati, Mondoteko Rembang dan meninggal, Afwah Dimyathi, Ngemplak, Lasem. Praktis dari dua yang gagal berangkat, ada 790 jamaah calon haji asal Rembang yang berangkat di tanah suci.

Untuk pembagian kelompok terbang (kloter) terbagi menjadi tiga, kloter 62, 63 dan 64. Untuk kloter 62 terdiri dari 254 CJH Rembang dan 101 CJH dari Pati. Berangkat tanggal 3 Agustus 2018 pukul 12.00.

Kloter 63 total keseluruhan kabupaten Rembang total 355 CJH, waktu pemberangkatan tanggal 3 Agustus, pukul 16.00. Kemudian kloter 64 CJH dari Jepara sebanyak 172 CJH dan Rembang 183 CJH.

”Rencana kloter 64 akan diberangkatkan tanggal 4 Agustus. Untuk waktu pemberangkatanya dimulai pukul 06.00 pagi,” paparnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)