‘’Kami mengusulkan Se-Kabupaten Lamongan ini diadakan serentak. Kalau tidak bisa bersamaan dalam satu sesi karena jumlah peserta UNBK di Lamongan ribuan siswa, mungkin dibuat tiga sesi, tapi dalam satu hari,’’ usul Ketua MKKS SMP Negeri Se-Kabupaten Lamongan, Choirul Anam, kepada perwakilan Jawa Pos Radar Lamongan dan PG Bimbel yang menjelaskan teknis pelaksanaan tryout dalam pertemuan tersebut.

Menurut dia, waktu pengerjaan soal juga perlu dipertimbangkan. Dia merasa satu soal dikerjakan satu menit terlalu sedikit waktunya. ‘’Usul lagi, kalau soalnya 120, maka kalau bisa dikerjakan dalam waktu 150 menit, jangan 120 menit,’’ usulnya lagi.

Anam menjelaskan, MKKS menginginkan agar tryout CBT online seperti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) nantinya. Sehingga, peserta tryout nantinya fokus pengerjaan soalnya di komputer yang dikoordinasi pihak sekolah.

‘’Kami juga akan mempersiapkan petugas khusus yang mengawasi dan memantau pelaksanaan tryout tersebut agar kalau ada trouble segera teratasi,’’ ujar Anam.

Rapat koordinasi MKKS SMP Negeri di SMP Negeri 1 Modo itu juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Lamongan, Adi Suwito. Dia juga kembali menegaskan dukungannya terhadap pelaksanaan tryout CBT online yang digelar Jawa Pos Radar Bojonegoro tersebut.

‘’Nanti kalau sudah dijadwalkan, saya akan ikut memantau kesiapan pelaksanaan. Termasuk, meminta bantuan PLN agar pada hari itu listriknya tidak padam,’’ ujar Adi Suwito yang kemarin didampingi Kepala Bidang SMP, Sisyanto.

Sementara itu, General Manager Jawa Pos Radar Lamongan, Imron Rosidi, mengatakan, pertemuan kemarin merupakan kali kedua. Pertemuan sebelumnya, dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Lamongan, Adi Suwito.

Pejabat disdik yang hadir di antaranya Kepala Bidang SMP Sisyanto, Kasi Kurikulum SMP Safruddin, perwakilan TK/SD Fauzi, Ketua MKKS SMP Negeri Choirul Anam dan bendaharanya Idris, serta Ketua MKKS SMP Swasta Asnan Maulik dan bendaharanya Maskun.

‘’Insya Allah nanti masih ada pertemuan lagi. Semoga lebih maksimal hasilnya,’’ harapnya.

Dia menjelaskan, Jawa Pos Radar Bojonegoro menggelar tryout PBT dan CBT. Tryout PBT diperuntukkan bagi siswa SD/MI.

Sedangkan tryout CBT Online diperuntukkan siswa SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Rencananya, tryout CBT Online SMP/MTs dilaksanakan 5 – 7 Maret mendatang.

(bj/dka/rka/yan/bet/JPR)

Source link