HAMPIR SELESAI : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang terus mengebut penghitungan suara dari sejumlah TPS di Kabupaten Magelang, Kamis (28/6).
(Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID, MUNGKID – Pasangan calon nomor urut 1 dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang, Zaenal Arifin-Edi Cahyana (Padi), mendominasi perolehan suara dalam real count sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Kamis (28/6). Paslon yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PAN, Partai Demokrat dan PPP meraup 329.945 suara atau 56,20 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Zaenal Arifin-Rohadi (Zaroh) yang diusung koalisi Partai Gerindra, PKS, Golkar, Nasdem, dan Hanura meraup 257.140 suara atau 43,80 persen. Perolehan suara ini berdasarkan real count sementara 2.179 dari 2.629 TPS atau sekitar 82,88 persen pada pukul 17.30 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Magelang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Dwi Endis Hindarmoko merinci, surat suara yang sah sebanyak 586.608 suara, tidak sah 51.064 suara. Jumlah pemilih di Kabupaten Magelang sebanyak 991.325 orang yang tersebar di 2.629 TPS di 21 kecamatan. “Namun data tersebut masih terus bergerak, terlebih sudah banyak pengiriman hasil pemungutan suara ke KPU. Kami masih terus meng-entry data,” jelas Endis.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifudin menuturkan, sempat ada kendala teknis listrik padam, namun sudah teratasi. “Kami sudah mengirim surat kepada PLN agar tidak ada jadwal pemadaman listrik. Meskipun kami sudah mempunyai persiapan genset,” jelas Afifudin.

Sesuai jadwal, rekapitulasi penghitungan suara resmi di tingkat PPK dimulai dari 28 Juni-3 Juli mendatang. Namun demikian, menurut Afifudin, pihaknya telah menjadwalkan penghitungan secara serentak mulai 29-30 Juni. Sementara rapat pleno penghitungan suara di tingkat kabupaten akan digelar 5 Juli 2018.

Terpisah, Bupati Magelang Zaenal Arifin saat ditemui di kediamannya mengaku bersyukur karena hingga saat ini persentase suara memunculkan kemenangan dirinya. “Pertama, kami mengucapkan syukur Alhamdulillah karena berkat dari Allah SWT. Dan berikutnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Magelang yang masih memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Kabupaten Magelang lima tahun ke depan. Semoga amanah yang diberikan kepada saya, saya secara pribadi juga mohon doanya lagi agar bisa menjaga amanah dan selalu istiqomah,” jelas Zaenal. 

(sm/cr3/ton/ap/JPR)