SITUBONDO – Perwakilan Stren Resaources, sebuah lembaga investasi yang bermarkasi di New York, Amerika Serikat kemarin (05/02) berkunjung ke Situbondo. Lawatan tersebut untuk memantapkan rencana investasi kepariwisataan di Kota Santri.

AKAN DIKEMBANGKAN: Bupati setelah mengajak perwakilan investor Amerika melihat pemandangan di Pasir Putih.
(HABIBUL ADNAN/JAWAPOS.COM)

Dinnah Tanuhardja, perwakilan investor Amerika mengaku tertarik menanam modal di Situbondo. Karena itu, pada tahun ini, ada beberapa tempat wisata yang langsung digarap. “Pariwisata di sini bagus-bagus,” katanya.

Seperti rencana membangun sejumlah fasilitas wisata di wisata bahari Pasir Putih dan penyediaan fasilitas di Kayumas-Kawah Ijen. Dia dua tempat ini, juga akan dibangun perhotelan.

“Di Kawah Ijen dan Pasir Putih nanti ada kawasan hotel. Kami juga akan membuatkan arena permainan anak-anak. Pokoknya lengap,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Situbondo, kemarin.

Pariwisata Rengganis juga akan mendapatkan sentuhan dari investor Amerika itu. Dinnah mengatakan, di wisata pegunungan ini, rencanannya akan dibuatkan kereta gantung. “Supaya akses dari bawah ke atas itu mudah,” ujarnya.

Kapan akan dimulai?. Dinnah mengaku, pihaknya masih menyusun konsepnya. Untuk mempermudah rencana tersebut, perwakilan Stren Resaources juga akan mengurusi administrasi perizinan terlebih dahulu. “Kita lihat dulu, mana yang boleh, mana yang tidak,” terangnya.

Yang pasti, kalau perizinan sudah tidak ada masalah, tahun ini dipastikan bisa mulai membangunkan fasilitas-faslitas yang dimaksud. “Kami usahakan secepatnya. Kalau izin memungkinkan, kita langsung action,” tambahnya.

Dinnah mengaku, potensi wisata di Situbondo sangat bagus, terutama wisata alamnya. Sayangnya, banyak yang belum digarap maksimal. Karena itulah, sudah seharusnya mendapatkan penanganan optimal. “Sayang sekali gitu loh,” pungkasnya.

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto berharap, rencana penanaman modal investor Amerika tidak menemui kendala apapun. Sehingga, cita-cita pemerintah menjadikan Situbondo sebagai kunjungan wisata bisa segera terwujud.

Sebagai tindak lanjut rencana investasi tersebut, bupati bersama perwakilan investor Amerika berkunjung ke Pasir Putih, kemarin. Pihak investor juga didampingi perwakilan perhutani. Di KRPH Pasir Putih, mereka memantau peta hutan kawasan Pasir Putih. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

Source link