BANYUWANGI – Diabetes melitus atau biasa dikenal dengan kencing manis, mungkin sudah menjadi penyakit yang sering didengar. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya tentu sudah terbiasa dengan berbagai komplikasi yang menyertai kencing manis.

Diabetes melitus masuk sebagai satu dari sekian banyak penyakit berstatus silent killer. Diabetes sendiri muncul akibat adanya resistensi insulin. Untuk menekan risiko terkena penyakit kencing manis ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya dengan rajin melakukan cek medis. ”Periksa rutin bisa mengantisipasi potensi penyakit diabetes,” kata dokter Finda Ferdiana.

Selain rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, disarankan pula untuk mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Misalnya dengan melakukan gerak aktif dalam aktivitas keseharian. Bergerak ini bisa dilakukan tidak hanya dalam arti sempit seperti olahraga.

Tetapi aktivitas yang dilakukan keseharian bisa dinilai sebagai upaya untuk mendukung pola hidup sehat seperti bersih-bersih rumah, maupun aktivitas lainnya. Sedangkan untuk olahraga bisa dilakukan dengan interval 30 hingga 40 menit setiap hari. Manfaatnya cukup besar yakni menurunkan kadar kolesterol, hipertensi, osteoporosis, dan risiko serangan jantung.

Selain pola hidup sehat, upaya pencegahan dini diabetes juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Penderita diabetes disarankan untuk memilih makanan tertentu untuk menunjang kesehatannya. Misalnya memakan banyak sayuran, buah, beras merah, susu rendah lemak, hingga daging.

Syaratnya daging yang dikonsumsi disajikan dalam bentuk rebusan, diasap, atau dioven. Beberapa makanan juga sebaiknya dikurangi seperti nasi putih, kentang, roti manis, keripik, dan makanan yang digoreng. ”Cara lainnya yakni dengan menjaga berat badan ideal,” imbuhnya.

Kunci berat badan ideal yakni menyeimbangkan jumlah kalori yang masuk dari makanan dan minuman dengan kalori yang dibakar melalui aktivitas yang dilakukan. Metode ini sebaiknya dilakukan secara ketat untuk menjaga proporsional berat badan tetap terjaga.

Source link