Divisi Teknis KPU Bondowoso, Saifullah mengatakan, KPUD sengaja membatasi jumlah yang hadir. Totalnya adalah 220. Salah satunya adalah pasangan calon mengajak 50 pendukungnya. Selain itu, masih ada partai pengusung, LO, tim pemenangan, paslon itu sendiri, desk pilkada, tokoh agama, dan tokoh masyarakat. “Pembatasan ini untuk memudahkan dan untuk sterilisasi,” terangnya.

Sebenarnya, pengundian nomor ini tidak terlalu menghebohkan. Sebab, hanya penentuan nomor urut saja. Hal itu, kata dia, akan berbeda dengan saat debat kandidat nantinya. Sebab, momen itu akan menyedot banyak perhatian. 

Sementara Suprayogi, LO dari Salwa-Bachtiar, mengungkapkan, pihaknya sudah merancang agenda pengundian nomor. Nantinya akan melibatkan partai pengusung. Sehingga, partai datang bersama-sama pasangan calon. “Kami hadir dengan kuota yang telah ditentukan,” ujarnya. 

Wakil Sekretaris Tim Pememangan Salwa-Bachtiar, Syaiful Bahri Husnan mengatakan, selain partai pengusung dari parlemen, SABAR juga diusung lima partai non parlemen, yakni Hanura, PKPI, PBB, Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Seluruh perwakilan partai ini akan dihadirkan dalam pengundian nomor. 

LO dari pasangan Dhafir-Dayat, Nurrahman mengatakan, pihaknya juga akan merapatkan teknis pengundian nomor hari ini. Akan ada tujuh partai pengusung dan pendukung yang bakal ikut mengiringi pasangan calon Dhafir-Dayat. “Kami rapatkan bagaimana teknisnya besok,” paparnya. 

(jr/hud/ram/das/JPR)

Source link