PASURUAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan mulai mempercepat pengumpulan Paspor Calon Jemaah Haji (CJH) 2018 per Desember ini. Kemenag menargetkan 90 persen CJH bisa secara mandiri mengurus paspor ke Imigrasi. Ini agar pembuatan paspor bisa lebih cepat dan efisien.

Hal tersebut diungkapkan Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan. Imron mengatakan bahwa mulai Desember ini, CJH 2018 sudah diarahkan untuk mulai membuat paspor ke kantor imigrasi terdekat.

“Tahun ini memang sedikit dipercepat, agar jika ada permasalahan administrasi bisa segera cepat diselesaikan. Termasuk tahun ini kita targetkan ada 90 persen CJH yang mengurus paspor secara mandiri,” jelasnya.

Tahun depan, jumlah kuota CJH Kabupaten Pasuruan tahun 2018 mencapai 1.329 kuota. Rinciannya, 1.210 CJH yang mendapatkan kursi tahun 2018. Sisanya 119 adalah cadangan. Semua jamaah baik yang cadangan diarahkan sudah mulai mengurus paspor. Sehingga jika ada yang mengundurkan diri atau ada tambahan kuota, cadangan juga siap berangkat.

Imron menambahkan, di tahun 2016, sebanyak 85 persen CJH yang sudah mengurus paspor secara mandiri. Tahun ini ditargetkan paling tidak ada 90 persen. Sisanya yang 10 persen, Kemenag tetap membantu dengan membuat paspor secara kolektif ke Imigrasi Malang.

Wwal tahun depan, permasalahan paspor diharapkan bisa segera selesai. Ini agar proses pengurusan visa bisa segera dilanjutkan. Tidak seperti 2017 lalu, dimana masih ada beberapa CJH yang masih terkendala pengurusan paspor sehingga visa harus turun mepet menjelang hari keberangkatan.

Source link