Lambatnya proses evakuasi tanah yang bercampur batu itu dikarenakan medan cukup sulit. Selain itu, alat berat tak bisa bekerja maksimal karena banyak warga yang melintas di jalan sempit itu. Sehingga, pengguna jalan dan alat berat harus gantian. Sebab, ketika alat berat beroperasi, jalan akan menjadi macet dan terjadi antrean roda dua yang akan naik ke Perkebunan PTPN 12 Silosanen dan ke Desa Mulyorejo, Silo.

Sebenarnya upaya pembersihan tanah longsoran tebing yang ambrol itu sudah dikerjakan sejak Selasa (2/1). Namun tidak maksimal. Alat berat awalnya hanya membuat jalan agar supaya kendaraan roda empat bisa melintas di jalan yang tertutup dengan tanah yang ambrol. Apalagi jalan cukup sempit sehingga kendaraan roda empat juga sulit untuk bersimpangan. Di sekitar tebing yang ambrol, juga terdapat jurang yang cukup dalam. 

Sebenarnya, tanah longsoran tebing cukup dibuang ke jurang di sebelahnya. Tetapi, lagi-lagi pekerjaan tidak bisa cepat karena banyak warga melintas. 

Operator alat berat juga harus ekstra hati-hati. Ceroboh sedikit saja alat berat bisa nyelonong masuk jurang. Selain itu, tumpukan tanah itu di dalamnya juga banyak batu-batu besar sehingga sangat rawan ambrol dan bisa menimpa alat berat.  “Kondisi ini membuat ekskavator yang bekerja mulai Selasa siang tidak bisa bekerja maksimal,”  ujar Sukir Tim TRC BPBD Jember. 

Plt Ka BPBD Jember Widi Prasetyo mengatakan, pihaknya terus mengirim Tim TRC ke lokasi untuk mengawal ekskavator yang membersihkan tanah yang masih menumpuk. Karena kalau tanah itu longsor lagi, maka jalan yang menghubungkan dua desa tersebut akan kembali lumpuh. Apalagi, jalannya sempit dan di sekitar tebing yang ambrol ada jurang yang cukup dalam. Sehingga ekskavator yang bekerja juga harus ekstra hati-hati. “Ketika terjadi gerakan dan dari atas tebing itu ambrol maka cukup rawan terhadap ekskavator yang ada di bawahnya. Ya mudah-mudahan tidak terjadi hujan deras, karena di sekitar tebing yang ambrol itu juga sudah ada beberapa tebing yang sangat rawan longsor,” pungkas Widi.

(jr/jum/ras/das/JPR)

Source link