Seluruh persiapan menurut Inayah, sekretaris panitia Saka Bakti Husada dari Jawa Pos Radar Bromo, sudah mencapai 80 persen. Sedangkan 20 persen sisanya adalah pendirian tenda oleh 20 regu  yang akan dilakukan setelah registrasi, Jumat (24/11).

 Tenda menurut Inayah akan didirikan oleh masing-masing regu. Terdiri dari 10 regu putra dan 10 regu putri. Masing-masing regu berjumlah empat siswa. Dengan demikian, total ada 80 siswa yang terlibat kegiatan ini. 

Rencananya, Saka Bakti Husada akan dibuka oleh Wali Kota Probolinggo atau asisten yang mewakili, pukul 15.00. Baru kemudian dilanjutkan dengan materi, mulai pukul 16.00. 

Selama 3 hari 2 malam, peserta akan melaksanakan kegiatan di beberapa lokasi. Tidak hanya di lapangan Kodim 0820, juga di Puskesmas Kedopok, Kampung PHBS Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan dan di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan.

Materi yang diberikan juga beragam. Di hari pertama, ada tiga materi. Yaitu, kepramukaan, revolusi mental dan Indonesia sehat. 

Di hari kedua, ada kegiatan lapangan berupa penghijauan dan pengecatan. Baru kemudian materi tentang sisten inovasi kelompok peduli HIV dan ODHA (SI KEPHO) dan pendalaman krida kesehatan lingkungan. 

Penghijauan sendiri, akan diikuti 10 peserta. Sedangkan 70 lainnya akan ikut pengecatan di kampung PHBS, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan. 

(br/put/mie/mie/JPR)

Source link