DRINGU – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo akan melakukan penambahan fasilitas di tiga lokasi wisata pada tahun ini. Anggaran yang digelontorkan cukup fantastis. Yakni, Rp 4,09 miliar.

Anggaran miliaran tersebut, dialokasikan melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) 2018 bidang Pariwisata dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Rencananya, pembangunan fasilitas baru itu akan dimulai pada triwulan kedua pada tahun ini.

Tiga tempat wisata itu di antaranya, Ranu Agung yang ada di Desa Ranuagung, Kecamatan  Tiris; Pantai Bentar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending; dan Pulau Gili, di Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih.

Kasi Destinasi Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, untuk triwulan pertama ini pihaknya masih sebatas melakukan survei lokasi.

“Nanti, pengerjaannya itu akan dilakukan serentak di tiga tempat wisata. Jadi tidak bertahap, tetapi langsung semuanya digarap,” terangnya pada Jawa Pos Radar Bromo, Jumat (19/1). Musa kemudian menjelaskan fasilitas apa saja yang akan dibangun di tiga lokasi wisata tersebut.

Di lokasi wisata Ranu Agung, pemkab akan membangun jalan setapak sepanjang 360 meter, dengan lebar 2 meter. Selain itu, juga akan dibangun toilet dan kamar ganti. “Jalan setapak penting untuk memudahkan wisatawan ke lokasi. Karena jalannya menurun,” jelasnya.

Di Pantai Bentar, fasilitas yang akan dibangun adalah dermaga untuk Pulau Pasir. Diketahui, ada destinasi wisata baru yang nantinya akan menjadi satu kawasan dengan Pantai Bentar. Yakni, Pulau Pasir. Sementara di Pulau Gili, akan dibangin gedung Div Centre, yang berfungsi sebagai pusat informasi wisata Gili.

“Semoga segera terealisasi dan tanpa kendala. Yang pasti untuk saat ini, masih dilakukan survei di tiga tempat wisata itu. Untuk pembangunannya, akan dilakukan pada triwulan kedua tahun ini,” paparnya.

Source link