Pantauan Jawa Pos Radar Jember di Kantor Pos Alun-Alun Jember, pegawai tampak sibuk mengeluarkan, mendata, mendistribusikan, dan mengirim ke lokasi lewat mobil boks. 

Bagian pemasaran PT Pos Indonesia di Jember Edi Mulyo Utomo mengatakan, pengiriman barang jelang Lebaran traffic-nya meningkat tajam. Kenaikannya pun hingga 40 persen lebih. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, kenaikannya masih sekitar 20 persen. “Kenaikannya sekitar 40 persen lebih,” paparnya.

Tertinggi adalah pengiriman barang-barang dari jual beli online. Namun, ada saja barang pribadi atau barang bawaan yang akan dibagikan dan dikenakan di kampung halaman.

Dia menambahkan, masyarakat saat ini berbeda dengan dulu. Kini, untuk berbelanja Lebaran telah memakai transaksi online. Tak sekadar itu, warga juga tidak ingin repot-repot membawa barang banyak saat mudik Lebaran. Sehingga, mereka memilih memaketkan saja.

Meski pengiriman barang mendominasi jasa PT Pos Indonesia. Tetapi masih ada yang memakai jasa pengiriman surat untuk mengucapkan selamat Lebaran. “Kirim surat ucapan Lebaran masih ada. Tetapi rata-rata dari perusahaan,” jelasnya. 

(jr/dwi/das/JPR)

Source link