BANGIL – Meningkatnya transaksi perbankan dan jual beli emas menjelang Lebaran, mendapat perhatian dari petugas kepolisian. Sebab, peningkatan itu menimbulkan risiko adanya ancaman tindak kejahatan.

Untuk itulah, Polres Pasuruan mengimbau perbankan dan toko emas lebih meningkatkan kewaspadaan. Polres bahkan menggelar patroli sambil menyampaikan imbauan.

Imbauan itu, Jumat (25/5), disampaikan di sejumlah toko emas dan perbankan yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan.
Mulai Sukorejo, Pandaan, Beji, serta Bangil. “Rencananya, kegiatan seperti ini akan kami lakukan kontinyu,” tuturnya.

Bukan hanya mengingatkan secara lisan. Petugas juga menempelkan stiker imbauan lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi, seandainya membutuhkan bantuan pihak kepolisian.

Kabagops Polres Pasuruan Kompol Subadar menyampaikan, memasuki Ramadan, transaksi perbankan dan jual beli emas bisa meningkat. Banyak orang yang mengambil uang di bank, sehingga rentan adanya tindak kejahatan.

“Karena itu, kami mengimbau kepada toko-toko emas serta perbankan untuk meningkatkan kewaspadaan. Bila membutuhkan bantuan pengamanan, bisa segera menghubungi kami,” beber Subadar.

Ia menambahkan, pihak kepolisian juga meningkatkan kewaspadaannya. Sejumlah kegiatan antisipasi tindak kriminal selama Ramadan dilakukan. Seperti patroli rutin di wilayah titik-titik rawan kejahatan.

“Kami memiliki program Antisipasi Situasi Selama Ramadan atau Asmara. Yakni Asmara Fajar dan Asmara Senja. Dengan program ini, kegiatan kepolisian kami tingkatkan. Supaya, bisa mencegah terjadinya aksi-aksi kejahatan,” tambahnya.

Source link