Wakapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai menuturkan, fenomena tersebut sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Di mana KPU resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) mulai hari ini hingga Rabu (17/4).

“Untuk syarat pengajuan tetap sama. Kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang mencari SKCK untuk mendaftar menjadi bacaleg,” tuturnya, Selasa (3/7).

Pada hari biasa, lanjut Andy, permohonan SKCK di polresta hanya sekitar 30 orang. Sementara pada awal Juli mencapai 50 orang atau ada kenaikan sekitar 66 persen.

“Kami sempat mencatat kenaikan SKCK sebanyak 200 orang per hari pada pekan kemarin. Kita memperkirakan kenaikan permitaan SKCK akan terus berlanjut dua pekan ke depan, atau batas akhir pengumpulan syarat bacaleg,” kata dia.

Adapun syarat permohonan SKCK yakni membawa KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, surat keterangan dari RT/RW, dan kelurahan.

Tidak semua pencari SKCK untuk kepentingan mendaftar bacaleg, ada pula persiapan ikut seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2018. Mereka jauh-jauh hari membuat SKCK guna menghindari antrean panjang.

(rs/atn/fer/JPR)