Termasuk DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Kediri. Kedua partai besar di Kota Tahu ini menyatakan soliditas dukungannya terhadap pasangan Bacagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas.

Makanya berbagai upaya telah ditempuh oleh dua parpol berbasis massa kuat di Kota Kediri tersebut. Salah satunya adalah sosialisasi. “Sejak mendapat restu dari para kiai dan PKB siap mengusung amanah kiai, proses sosialisasi mulai kita lakukan,” terang Oing Abdul Muid, ketua DPC PKB Kota Kediri, kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Memang Kota Kediri merupakan salah satu basis massa Nahdlatul Ulama (NU) dengan banyaknya pondok pesantren (ponpes). Dalam pemilihan gubernur sebelumnya, Gus Ipul juga telah bersilaturahim dengan tokoh-tokoh di Kota Tahu.

“Semua tokoh sejak pemilu sebelumnya sudah kenal, jadi pastinya sekarang tidak ada yang tidak kenal,” tambahnya.

Di kalangan pesantren pun, menurut Gus Muid, sosok Gus Ipul telah melekat kuat. Bahkan ia optimistis para santri memiliki kecenderungan yang sama dalam pilgub nantinya. “Saya kira semua sudah sepakat dengan nama Gus Ipul,” tandas pria yang juga menjadi pengurus Ponpes Lirboyo tersebut.

Jaringan pengurus DPC PKB Kota Kediri pun saat ini sudah bergerak. Setiap kader sudah mulai mengenalkan nama pria berkumis dan berkacamata tersebut ke lingkungan rumah maupun tetangga. Sehingga diharapkan ketika kampanye nantinya sosok Gus Ipul telah melekat dalam benak seluruh warga Kota Kediri.

“Apalagi kita berkoalisi dengan PDIP dengan basis massa yang cukup besar jadi itu bisa menjadi modal awal yang sangat bagus,” tegas pria yang juga menjabat wakil ketua dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Kediri tersebut.

Meski demikian, menurut Muid, DPC PKB Kota Kediri sendiri belum menyusun tim pemenangan resminya. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan parpol pengusung nantinya. Dan itu menjadi ranah kewenangan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jatim.

“Kita masih belum terima mandat. Masih menunggu,” bebernya kepada wartawan koran ini.

Dengan kekuatan massa dan nama besar Gus Ipul, Muid optimistis, Kota Kediri bisa mendulang suara cukup banyak dalam pilgub nantinya. Meski Kota Tahu memiliki potensi besar dan ideal, tim akan tetap bekerja keras dalam menyosialisasikan kandidat PKB tersebut. “Kita akan tetap bekerja keras dalam pilgub nanti,” pungkasnya.

Hal senada ditegaskan DPC PDIP Kota Kediri. Ketua DPC PDIP Gus Sunoto menyatakan, pihaknya siap memenangkan pasangan Gus Ipul dan Mas Anas. Dia memastikan, massa PDIP di Kota Tahu saat ini sudah semakin solid. Mulai dari anak ranting hingga DPC semua kompak. “Semua siap untuk memenangkan pasangan Gus Ipul – Mas Anas di Pilgub 2018,” tegas Sunoto.

Selain itu, menurut dia, DPC PDIP siap membantu dan memfasilitasi Gus Ipul-Mas Anas untuk sosialisasi. Bertemu langsung dengan massa kader partai. Termasuk bersosialisasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga para calon pemilih di setiap kunjungan pasangan kandidat bacagub dan bacawagub ini di Kota Tahu.

“Yang pasti, PDIP Kota Kediri satu suara untuk memenangkan pasangan Gus Ipul dan Mas Anas,” urai Sunoto.

Dia menambahkan, mesin partainya sudah mulai intensif bergerak. Terutama untuk menggalang dan memperkuat konsolidasi dengan massa partainya. “Sekarang semakin mengkristal dan semangat. Tidak ada kata tidak, kecuali harus menang. Merdeka!” tandasnya.

(rk/dna/die/JPR)

Source link