Sebelumnya, dua partai yang dinyatakan BMS di Bondowoso, yakni Partai Hanura dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), seperti disampaikan oleh Komisioner KPUD Bondowoso Divisi Hukum Junaidi. Dirinya mengatakan bahwa dua partai yang dinyatakan BMS itu diberi waktu masa perbaikan.

“Kalau batas waktunya hingga 6 Februari 2018 besok (hari ini, Red),” ucapnya. Sebenarnya, perbaikan ini akan dilakukan kemarin, tetapi batal karena dianggap belum siap, sehingga ditunda lagi hari ini. Sebelumnya, keduanya dianggap BMS karena faktor kepengurusan dan faktor keanggotaan. Sehingga, dua partai ini mengikuti perbaikan hari ini. 

Menurut Junaidi, dalam masa perbaikan ini, partai harus lebih banyak mengumpulkan anggotanya. Hal ini memang menjadi salah satu syarat untuk dilakukan verifikasi faktual, yakni 5 persen dari syarat anggota yang terdata di sistem informasi partai politik (Sipol) KPU RI.

Selain itu, harus memperbaiki berkas yang sebelumnya dinyatakan BMS. “Jadi, lebih banyak syaratnya jika sampai BMS memang,” jelasnya. Dari 12 partai lama, ada dua partai yang dianggap BMS di Bondowoso. Sehingga, KPUD akan kembali mendatangi kantor masing-masing partai tersebut. 

Perlu diketahui, 12 partai yang terdaftar di KPU Bondowoso diantaranya PKB, Golkar, PAN, Gerindra, Nasdem, PKS, PPP, PDI-P, Demokrat, PBB, serta dua partai tersebut. Dalam verifikasi itu, KPU memeriksa kelengkapan partai. Seperti kepengurusan, mulai SK-nya sampai data diri pengurus. 

Selain itu dalam, verifikasi pengurus harus hadir. Partai juga harus mengundang 51 anggotanya dalam verifikasi faktual tersebut karena syarat yang ditentukan oleh KPU. “Kami turun ke berbagai partai dengan membagi enam rombongan, dan hasilnya langsung kami input ke KPU RI,” ungkapnya.

Junaidi menambahkan, selain dua partai itu, masih ada empat partai baru. Yakni PSI, Berkarya, Perindo, dan Garuda. Keempat partai ini juga diproses verifikasi faktual terakhir minggu ini. (

(jr/hud/ram/das/JPR)

Source link