KAPONGAN – Nahas menimpa keluarga Aji Sucipto, 41, Senin kemarin (05/02). Rumah warga Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan tersebut rusak parah ditimpa pohon sukun yang tiba-tiba saja roboh saat hujan disertai angin kencang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 22.00 tersebut. Hanya saja, korban diperkirakan mengalami kerugian materi sekitar Rp 5 juta. “Rumah korban rusak pada bagian atap dan ruang tengah,” terang Puriono, salah satu staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo.

Kata dia, BPBD mendapatkan laporan dari warga ada pohon tumbang mengenai rumah. Sejumlah petugas langung terjun ke lokasi bersama perangkat Desa Gebangan, Bhabinsa dan Bhabinkamtibnas. Untuk sementara, masih dilakukan assesment (kaji cepat).

“Selain itu, kita juga berkordinasi bersama perangkat desa, forkopimka, Kodim/Polres Situbondo dan instansi terkait. Untuk tindak lanjut kepada korban, masih menunggu hasil kordinasi,” terang Puriono.

Dia menambahkan, pohon roboh terjadi saat malam sudah cukup larut. Kala itu, hujan lebat disertai angin cukup kencang. “Kemungkinan akar pohon tidak mampu menahan terjangan angin, sehingga pohon roboh dan menimpa rumah warga,” terangnya.

 Puriono menerangkan, korban pohon roboh hanya satu kepala keluarga. Rumah itu dihuni empat jiwa. “Kami tafsirkan total kerugian mencapai Rp. 5 juta,” imbuhnya. (cw1/pri)

(bw/mls/ics/JPR)

Source link