Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano mengatakan, pelaksanaan Operasi Lilin Candi akan mengedepankan preemtif dan preventif. Sebanyak 180 anggota dilibatkan. ”Operasi lilin candi ini untuk menjadikan rasa aman dan nyaman dalam merayakan Natal dan tahun baru. Serta bagi warga yang melintas di jalan Kabupaten Grobogan,” katanya.

Selain pengamanan Natal dan tahun baru, selama operasi juga dilakukan pengamanan objek vital di tempat pariwisata di Grobogan. Sehingga, jika membutuhkan bantuan, warga meminta bantuan anggota untuk pengamanan. ”Pengamanan ini juga dengan membuat dua pos pengamanan di Alun-alun Purwodadi dan Simpang Lima Purwodadi,” terangnya.

Sementara itu, dalam gelar apel pasukan dipimpin langsung Kapolres AKBP Satria Rizkiano. Dalam sambutannya, dia menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. ”Rencana pengamanan yang telah dipersiapkan dengan serius dan sungguh-sungguh, dapat diimplementasikan pada tahap pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2017. Dengan demikian, Polri akan mampu memberikan jaminan keamanan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjalankan ibadah dan perayaan pergantian dengan aman, nyaman, tertib, dan lancar,” tadasnya.

Lebih lanjut kapolres menyatakan, perayaan kedua even tersebut membawa dampak yang signifikan pada peningkatan aktivitas masyarakat di tempat keramaian, seperti area perbelanjaan, tempat ibadah, dan tempat hiburan dan rekreasi.

(ks/mun/lil/top/JPR)