Untuk zonasi dan prestasi-kemasalakatan 2-4 Juli.

Zonasi tingkat SMP didasarkan pada jarak tempat tinggal calon siswa, ke SMP yang menjadi pilihannya.

Menurut Wakil Kepala SMP 1 Tulungagung Sa’diyatul Munawaroh,  pendaftaran bagi peserta didik baru tingkat SMP akan dimulai pada hari ini. Dengan mendahulukan jalur online dan kemudian disusul dengan jalur zonasi, serta jalur prestasi dan kemasalakatan.

“Untuk besok (hari ini, Red) sudah dimulai pembukaan bagi calon peserta baru, yakni dengan menggunakan jalur online terlebih dahulu,” jelasnya.

Menurut dia, untuk jalur online didasarkan pada nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN) pada tiga mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Untuk calon peserta didik baru dapat memilih satu sampai dengan tiga sekolah yang dituju dan pendaftaran dilakukan oleh operator sekolah, di mana saja yang terkoneksi dengan internet, warnet terdekat atau sekolah tujuan,” jelasnya.

Setelah dilakukan pendaftaran dan seleksi atau pengolahan data dimulai pada hari ini (25/6) sampai Selasa (26/6) besok. Dan dilanjutkan pengumuman yang dilakukan dua hari setelah tanggal 26, yakni pada Kamis (28/6) nanti.

“Setelah itu, langsung daftar ulang untuk jalur online pada tanggal 29 sampai 30 Juni,” ujarnya.

Wanita ramah tersebut mengatakan, setelah itu dilakukan PPDB jalur zonasi, yang dimulai pada tanggal 2 hingga 4 Juli mendatang. Jalur zonasi tersebut didasarkan pada tempat domisili peserta didik baru dengan letak sekolah.

“Untuk jalur zonasi ini yakni diperuntukkan kepada calon peserta didik untuk memilih lokasi sekolah yang strategis, maksudnya dekat jangkauannya dari rumah,” jelasnya.

Menurut wanita berhijab tersebut, peta lokasi dibuat dan ditentukan oleh setiap sekolah melalui Google Maps. Jika mendapat perolehan yang sama dengan batas daya tampung, maka calon peserta didik akan ditentukan dari perolehan jumlah nilai USBN.

“Jadi kalau digambar seperti obat nyamuk itu, melingkar, ke kanan-ke kiri, depan belakang. Jika belum memenuhi syarat, akan diperlebar lagi dan kalau sudah memenuhi syarat ya ditutup,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan bidang kesiswaan SMP 3 Tulungagung Saikhu mengatakan, untuk calon peserta didik dari luar Tulungagung atau bahkan dari kecamatan lain, masih bisa daftar di sekolah favorit pilihannya. Namun, dengan menggunakan jalur online dan jalur prestasi.

“Bagi calon peserta didik dari wilayah lain, bisa tapi menggunakan jalur prestasi atau nilai USBN,” ungkapnya.

Untuk maksimal nilai bagi pendaftar online tidak bisa dipastikan. Sebab, setelah mendaftar, langsung ada peringkat atau dirangking dan hasilnya dapat diketahui. Yakni mulai tertinggi dan terendah.

“Kalau untuk online ini nanti juga siapa yang nilainya bagus, kemungkinan besar masih ada kesempatan. Kalau punya prestasi, lebih baik lewat jalur prestasi,” jelasnya.

Pria berkulit putih itu menjelaskan, jalur zonasi diperuntukkan kepada calon peserta didik terdekat dari rumah menuju sekolah yang ditentukan ukuranya dengan Google Maps dari sekolah.

“Bisa juga dari calon peserta didik membawa screenshot atau yang lain sebagai tanda bukti,” jelasnya.

Dia menambahkan, prediksinya sekolahnya hanya mematok sekitar dua kilo sudah terpenuhi untuk pendaftar. Namun, jika terjadi kekurangan atau belum memenuhi syarat, akan dilakukan pelebaran wilayah.

“Kalau di sini, menurut saya lebih dari satu kilo dikit sudah terpenuhi, karena banyak juga masyarakatnya, kalau menang belum bisa diperluas,” jelasnya. (yon/ed/and)

(rt/lai/ang/JPR)